Sri, Surti Kungaha (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs NEGERI 1 KOTA TERNATE. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & Abstrak 3 Bahasa.pdf - Published Version Download (424kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) |
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (193kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (272kB) |
![]() |
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS SRI SURTI KUNGAHA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sarana dan prasarana yang telah ada dapat digunakan dengan baik, maka dibutuhkan pengelolaan yang baik pula, karena apabila tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam pengelolaan sarana dan prasarana dikawatirkan terjadi kurangnya maksimal dalam penempatan sarana dan prasarana
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) Bagaimana pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu Pendidikan di MTs Negeri 1 Kota Ternate? 2) Bagaimana pengawasan sarana dan prasarana di MTs Negeri 1 Kota Ternate? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kota Ternate. Teknik pengumpulan data mengunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana dan Guru. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu Pendidikan terdiri dari perencanaan, dan pengadaan. Perencanaan sarana dan prasarana di MTs Negeri 1 Kota Ternate sudah dilakukan secara terencana dan terarah, dilaksanakan secara sistematis dengan melibatkan Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, guru, dan tenaga tata usaha. Perencanaan didasarkan pada kebutuhan yang ada, kondisi sarana dan prasarana yang tersedia, serta mempertimbangkan keterbatasan dana. Pengadaan sarana prasarana di MTs Negeri 1 Kota Ternate, dilaksanakan sudah sesuai rencana yang telah disusun, perencanaan pengadaanpun melibatkan berbagai pihak dan disesuaikan dengan kondisi nyata dilapangan dengan mengutamakan urutan kebutuhan. Proses pengadaan dilakukan melalui pembelian, pemanfaatan bantuan dari pemerintah, maupun kerja sama dengan komite sekolah. 2 ) Pengawasan sarana dan prasarana di MTs Negeri 1 Kota Ternate dilaksanakan secara berlapis oleh kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang sarana prasarana, kepala tata usaha, guru, dan petugas keamanan. Pengawasan dilakukan secara rutin minimal sekali dalam sebulan serta lebih intensif jika ditemukan kerusakan atau kebutuhan mendesak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sarana Dan Prasarana, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:54 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 08:54 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |