PENGARUH GURU SEBAGAI MANAJER KELAS DAN FASILITATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH RAUDLATUT THALIBIN BANTUNGAN, PANARUKAN, SITUBONDO

SUNIA, NIDHAR (2020) PENGARUH GURU SEBAGAI MANAJER KELAS DAN FASILITATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH RAUDLATUT THALIBIN BANTUNGAN, PANARUKAN, SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1.Sunia_Cover dan Abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2.Sunia_Bab 1 (pendahuluan)-converted.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Bab Akhir (penutup))
3.Sunia_Bab Akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4.Sunia_Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
5.Sunia Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui fungsi guru sebagai manajer kelas di MA Raudlatut Thalibin, (2) mengetahui fungsi guru sebagai fasilitator di MA Raudlatut Thalibin, (3) mengetahui pengaruh secara simultan guru sebagai manajer kelas dan fasilitator terhadap motivasi belajar siswa di MA Raudlatut Thalibin.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner yang terdiri dari variabel guru sebagai manajer kelas, guru sebagai fasiltator dan motivasi belajar siswa. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 71 orang yang terdiri dari 56 siswa MA Raudlatut Thalibin dan 15 guru MA Raudlatut Thalibin. Sementara untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) guru sebagai manajer pada penilaian thitung memperoleh hasil 4,497>1,99547 dengan nilai sig 0,000<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima (2) guru sebagai fasilitator pada penilaian thitung memperoleh hasil 4,821>1,99547 dengan nilai sig 0,000<0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima (3) Ada pengaruh secara simultan guru sebagai manajer kelas dan fasilitator terhadap motivasi belajar siswa MA Raudlatut Thalibin Bantungan, Panarukan, Situbondo. Hal tersebut terlihat dengan nilai signifikansi F dalam uji Anova yang dilakukan diketahui sebesar 0,000 < 0,05 dengan koefisien regresi yang bernilai positif dengan tingkat keyakinan 95% yaitu sebesar 30,664, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruhnya adalah positif. Adapun besaran pengaruh guru sebagai manajer kelas dan fasilitator terhadap motivasi belajar dengan menggunakan koofesien determinasi atau R square sebesar 0,.536 atau 53,6% sisanya adalah dipengaruhi oleh variabel lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data sebagaimana dalam pembahasan maka dapat dikemukakan implikasi teoritis yang pertama, berdasarkan fenomena di lapangan, seorang guru yang menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah tersebut. Sebagaimana yang telah dikemukakan dalam pembahasan mengenai hipotesis penelitian, membuktikan adanya pengaruh positif fungsi guru sebagai manajer kelas dan fasilitator terhadap motivasi belajar siswa di MA Raudlatut Thalibin..

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. ABU DARIM, M.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajer Kelas, Motivasi Belajar
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:12
Last Modified: 17 Sep 2020 07:12
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item