STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMAJUKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN (Studi Pada Mts Negeri 3 Aceh Jaya Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya)

Musliadi, Musliadi (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMAJUKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN (Studi Pada Mts Negeri 3 Aceh Jaya Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya). Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP .pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas strategi kepala sekolah dalam memajukan
lembaga pendidikan Islam di wilayah pedesaan, dengan fokus pada studi kasus di
MTs Negeri 3 Aceh Jaya, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya. Latar
belakang penelitian didasari oleh tantangan pendidikan Islam di pedesaan, seperti
keterbatasan sumber daya, aksesibilitas, dan motivasi siswa, yang memerlukan
peran kepemimpinan visioner dari kepala sekolah untuk mendorong kemajuan
institusi. Rumusan masalah penelitian meliputi: (1) Bagaimana strategi kepala
sekolah dalam memajukan pendidikan Islam di pedesaan MTs Negeri 3 Aceh
Jaya? dan (2) Apa implikasi dari strategi kepala MTs Negeri 3 Aceh Jaya terhadap
kemajuan lembaga pendidikan Islam di pedesaan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus, melibatkan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan siswa,
serta observasi langsung di lokasi sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah mencakup
pengembangan kurikulum berbasis Islam yang kontekstual, peningkatan kualitas
sumber daya manusia melalui pelatihan guru, kolaborasi dengan masyarakat
pedesaan, dan pemanfaatan teknologi sederhana untuk pembelajaran jarak jauh.
Strategi ini berhasil meningkatkan partisipasi siswa dan prestasi akademik, serta
memperkuat identitas keislaman di tengah tantangan geografis. Implikasi dari
strategi tersebut adalah terbentuknya model kepemimpinan adaptif yang dapat
direplikasi di lembaga pendidikan Islam pedesaan lainnya, dengan dampak positif
terhadap pemberdayaan komunitas dan keberlanjutan pendidikan. Penelitian ini
merekomendasikan penguatan dukungan pemerintah daerah untuk
mengoptimalkan strategi serupa guna mengatasi disparitas pendidikan di wilayah
terpencil.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi kepala sekolah, pendidikan Islam, pedesaan, MTs Negeri 3 Aceh Jaya, kepemimpinan pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 11 Oct 2025 11:36
Last Modified: 11 Oct 2025 11:36
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4939

Actions (login required)

View Item View Item