Luluk, Toyyibah (2025) MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING DI SANGGAR PERDIKAN PANDAAN. Masters thesis, Universitas KH abdul chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover-Abstract Luluk Toyibah.pdf - Published Version Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB l)
BAB I LULUK T.pdf - Published Version Download (385kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V LULUK T.pdf - Published Version Download (417kB) |
![]() |
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka LULU T.pdf - Published Version Download (229kB) |
![]() |
Text (Full Tesis)
FULL TESIS LULU NEW.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Manajemen kurikulum sangat penting dalam pembelajaran homeschooling.
Salah satunya dalam pengembangan kurikulum pembelajaran homeschooling di
Sanggar Perdikan Pandaan. Program pengembangan kurikulum pembelajaran
homeschooling mampu meningkatkan hasil pembelajaran bagi siswa.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu, 1) Meendeeskripsikan Perencanaan
Kurikulum Peembeelajaran Homeschooling di Sanggar Perdikan Pandaan, 2)
Meendeeskripsikan Pee laksanaan Kurikulum Peembeelajaran Homeeschooling di
Sanggar Perdikan Pandaan, 3) Meenganalisis Implikasi Kurikulum Peembeelajaran
Homeeschooling di Sanggar Perdikan Pandaan, 4) Menganalisis Evaluasi Hasil
Peembeelajaran Homeschooling di Sanggar Perdikan Pandaan. Sedangkan jenis
penelitian yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif
dengan pendekatan penelitian berupa pendekatan penelitian studi kasus di Sanggar
Perdikan Pandaan.
Hasil dari penelitian ini yaitu, Pertama, perencanaan pel ngel mbangan
k ulrikullulm pembelajaran homeschooling di Sanggar Perdikan Pandaan melalui
beberapa tahapan yaitu kajian tujuan dan sasaran terbentuknya kurikulum
homeschooling, membuat rencana kerja pembelajaran sebagai salah satu rambu
dalam berjalannya program. Kedua, implementasi k ulrikullulm pembelajaran
homeschooling di Sanggar Perdikan Pandaan meliputi merlerngkapi rerncana yang
terlah diprogramkan olerh kerpala madrasah, yang ser lanjurtnya urnturk sertiap ker giatan
dibentuk pernanggurng jawab, ur raian turgas ser rta perturnjurk terknis per laksanaan dari
ker giatan terrserburt. Ketiga, hasil implementasi k ulrikullulm pembelajaran
homeschooling di Sanggar Perdikan Pandaan. Adapun hasilnya dikaji melalui; a)
koordinasi antar pelaksana diberlakukan terus menerus secara rutin maupun
insidentil, b) proses pengawasan pembelajaran dilakukan oleh kepala madrasah
secara langsung maupun tidak langsung, c) sistem evaluasi pembelajaran secara
terstruktur dan terjadual dan dimonitoring langsung oleh kepala madrasah, d)
pengukuran hasil dari pembelajaran homeschooling secara berkala baik harian,
mingguan, bulanan, tengah semester dan akhir semester melalui laporan hasil
belajar siswa. Keempat, mengatasi hambatan-hambatan ini memerlukan
pendekatan yang terencana dan partisipatif, melibatkan semua pihak terkait, serta
pengembangan strategi yang fleksibel dan adaptif, untuk mengetahui keberhasilan
program, maka perlu dipaparkan data sebagai berikut; a) upaya tindak lanjut
(follow up) berupa monitoring, b) temuan hambatan menjadi fokus acuan dalam
pembahasan bersama, c) solusi dalam hambatan implementasi kurikulum
dipecahkan bersama oleh tim pengembang kurikulum yang telah dibentuk di awal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Pembelajaran, Homeschooling |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 11 Oct 2025 03:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2025 03:28 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |