PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA PELAJARAAN TEMA 3 MI PANCASILA SUMBERKEMBAR

Rusnia, Kasman (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA PELAJARAAN TEMA 3 MI PANCASILA SUMBERKEMBAR. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
file 1 caver dan abstrak.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
file 2 BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
file 3 BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
file 5 Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu peran seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu melakukan usaha-usaha yang dapat memberikan motivasi untuk mendorang peserta didik untuk belajar secara sungguh-sungguh. Salah satu cara memberikan motivasi belajar terhadap peserta didik dengan memberikan pelajaran dengan menggunakan media gambar dalam proses belajar mengajar, dan menggukan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada pembelajaran tematik maka diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam proses pembelajaran di kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana pengaruh penggunaan media gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran tema 3 di MI Pancasila Sumber Kembar.? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang mengendalikan terhadap variabel non eksperimental tidak begitu ketat, dan penentuan sampelnya tidak menggunakan randomasi,yaitu one group pretes postest desingn bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pengaruh media gambar dan kooperatif tipe jigsaw.
Penggunaan media gambar ini dilakukan dalam model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil dari penelitian menunjukanbahwa pengaruh penggunaan media gambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mempunyai nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 , dan T tabel = 2,131 < T hitung= 9,392, maka (H_0) ditolak dan (H_1) diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Gamabr Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 15 Sep 2020 01:58
Last Modified: 15 Sep 2020 01:58
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item