Munawar, Dani (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN PESANTREN BAHRUL ULUM DINIYAH ISLAMIYAH ACEH JAYA. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
|
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK .pdf - Published Version Download (5MB) |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version Download (5MB) |
|
|
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP .pdf - Published Version Download (5MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (5MB) |
|
|
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merupakan substansi vital dalam manajemen madrasah dan pesantren,
yang berfungsi sebagai kunci pembelajaran untuk menentukan tujuan, isi, serta
proses pendidikan yang berkualitas (Ramayulis, 2012; Mulyasa, 2007).
Pengelolaan kurikulum yang efektif diperlukan untuk menghasilkan lulusan
berakhlak mulia dan kompeten, sebagaimana ditekankan dalam pendidikan Islam
(Omar Muhammad al-Taomi al-Sya'bani, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di Pesantren
Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi
lapangan di Pesantren Bahrul Ulum Diniyah Islamiyah. Data diperoleh melalui
wawancara mendalam dengan pimpinan, guru, dan santri, observasi langsung
terhadap proses pembelajaran, serta analisis dokumen kurikulum. Analisis data
menggunakan triangulasi sumber untuk memastikan validitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kurikulum melibatkan rapat
tahunan dengan seluruh tenaga pendidik, pimpinan, wakil pimpinan, dan ketua
umum untuk merumuskan tujuan pendidikan, bahan ajar, metode, strategi, serta
rencana evaluasi; (2) pelaksanaan pembelajaran didukung oleh kompetensi guru
dan sarana prasarana yang memadai, dengan integrasi nilai-nilai Islam; (3) evaluasi
kurikulum mencakup penilaian autentik pada aspek sikap, keterampilan, dan
pengetahuan melalui metode bulanan, semesteran, serta model Context, Input,
Process, and Product (CIPP) untuk menilai konteks, masukan, proses, dan hasil; (4)
relevansi manajemen kurikulum dengan pengembangannya mengikuti kerangka
dasar pemerintah (UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
Pasal 38 Ayat 1 dan 2), di mana pesantren memiliki otonomi penuh dalam adaptasi
lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen kurikulum di pesantren
tersebut efektif, meskipun memerlukan penguatan kolaborasi dengan stakeholder
eksternal untuk optimalisasi.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen kurikulum, perencanaan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi CIPP, pendidikan pesantren. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 08:24 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 08:24 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

