Muhaddis, Maulana (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI DAYAH MAHYAL ULUM AL AZIZIYAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SANTRI. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
|
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN .pdf - Published Version Download (4MB) |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
PENUTUP .pdf - Published Version Download (4MB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (4MB) |
|
|
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Metode pembelajaran memainkan peran krusial dalam meningkatkan
kenyamanan dan keterlibatan santri saat mempelajari kitab kuning, yang
merupakan teks klasik Islam berbentuk gundul tanpa baris atau vokal pembantu.
Hal ini sering kali menyulitkan santri pemula untuk memahami dan menghafal isi
kitab, sehingga diperlukan pendekatan metode yang efektif agar proses
pembelajaran berjalan lancar dan berdampak positif terhadap pembentukan
karakter santri, seperti kedisiplinan, ketekunan, dan pemahaman mendalam
terhadap ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis
implementasi metode pembelajaran kitab kuning dalam meningkatkan karakter
santri di Dayah Mahyal’Ulum Al’Aziziyah; dan (2) mengevaluasi hasil
implementasi metode tersebut terhadap perkembangan karakter santri.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang
dilakukan di Dayah Mahyal’Ulum Al’Aziziyah. Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara mendalam dengan santri dan pengajar, serta analisis
dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran
kitab kuning di dayah tersebut melibatkan enam metode utama, yaitu: metode
bandongan (pembacaan bersama), boh bareh (pemberian baris atau vokal), surah
(ceramah), niqasy (tanya jawab), muthala’ah (pembacaan berulang), dan nazam
bait (penyusunan puisi). Implementasi metode-metode ini menghasilkan
peningkatan karakter santri dalam empat aspek utama: (1) kemampuan menulis
(kaligrafi dan ketelitian); (2) kemampuan membaca (fluensi dan pengucapan); (3)
kemampuan memaknai (interpretasi teks); dan (4) kemampuan memahami
(aplikasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari). Secara keseluruhan,
penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang variatif
dan kontekstual dapat secara signifikan memperkuat karakter santri, sehingga
direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas di lembaga pendidikan Islam
tradisional.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi Metode Pembelajaran, Kitab Kuning, Karakter Santri, Dayah Mahyal’Ulum Al’Aziziyah. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 07:42 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 07:42 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4908 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

