Wahid, Abd. Wahid (2020) Manajemen Kegiatan Intra dan Ekstrakulikuler Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Sampul dan Abstrak.pdf - Published Version Download (460kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (492kB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version Download (313kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dewasa ini perkembangan kegiatan intra dan ekstrakurikuler yang merupakan bagian dari pengembangan diri di madrasah menjadi suatu hal yang sangat akademis, tidak sedikit pula madrasah menjadi pilihan masyarakat karena memiliki prestasi di bidang akademik dan non-akademik dan memiliki pengembangan karakter yang baik di madrasah tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana pengelolaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler dalam pembentukan pembentukan karakter peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar? Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter peserta didik pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Sasarannya adalah seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembentukan karakter peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Pengelolaan manajemen kegiatan intra dan ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter dilakukan sesuai dengan fungsi manajemen yang ada serta strategi-strategi pembentukan karakter. Pertama, dalam perencanaan kepala madrasah melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh civitas madrasah, serta membekali para guru agar melakukan penguatang karakter. Kedua pengorganisasian kepala madrasah melakukan pembagian tugas kepada tenaga pendidik dan memberikan tugas tambahan kepada beberapa guru untuk menjadi pembina atau koordinator dalam kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga pelaksanaan peserta didik dibina dalam berbagai kegiatan intra dan ekstrakurikuler secara terus-menerus dan berkelanjutan agar mereka memiliki kemampuan dan karakter yang baik. Keempat pengawasan kepala madrasah melakukan supervise kepada guru atau tenaga pendidik agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan visi dan misi madrasah. 2) Faktor penghambat kurangnya tenaga pendidik PNS, kurangnya komputer, tidak adanya labaratorium IPA, kurangnya buku paket dan faktor pendukung kepala madrasah, tenaga pendidik professional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kegiatan Intra dan Ekstrakurikuler, Pembentukan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 07:59 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 07:59 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/487 |
Actions (login required)
View Item |