Studi Kasus Tentang peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Konsentrasi belajar Anak Usia Dini di RA Darussalam Pacet Mojokerto

suci, suci badriah (0007) Studi Kasus Tentang peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Konsentrasi belajar Anak Usia Dini di RA Darussalam Pacet Mojokerto. Diploma thesis, universitas kh.abdul chalim.

[img] Text (Cover dan Abstark)
Watermak Cover,Abstrak.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Watermak Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB 5 ( KESIMPULAN))
Watermak Bab 5.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Watermak Dapust.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text (Seluruh karya Ilmiah)
Watermak Karya Ilmiah.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Konsentrasi belajar adalah salah satu aspek yang signifikan dalam proses kematangan kognitif anak usia dini. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan konsentrasi bealajar anak usia dini melalui bermacam-macam strategi, seperti pendampingan belajar, perhatian emosi, pola makan seimbang, dan stimulasi kognitif. Teknik penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi terhadap orang tua, guru, dan anak-anak usia 4-5 tahun.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kontinyu orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah mempengaruhi positif terhadap peningkatan motivasi dan konsentrasi belajar anak. Selain itu, perhatian emosional orang tua yang kontinyu menunjang anak dalam mengelola emosi dan fokus saat proses pembelajaran berlangsung. Pola makan sehat dan kecukupan gizi yang dirancang oleh orang tua juga mempengaruhi peningkatan kemampuan konsentrasi anak. Stimulasi kognitif melalui permainan edukatif dirumah menjadi faktor tambahan yang mendukung perkembangan konsentrasi belajar anak.
Penelitian ini menekankan pentingnya peran orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan kognitif anak usia dini. Impilikasi dari temuan ini dapat digunakan untuk merancang program edukasi bagi orang tua dalam kebijakan sekolah yang mendukung keterlibtan orang tua dalam proses pembelajaran anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PERAN ORANG TUA,KONSENTRASI BELAJAR ANAK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:43
Last Modified: 10 Oct 2025 08:43
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item