PERAN KECERDASAN EMOSIONAL, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN AKHLAK SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA DI MTsS NURUR RASYAD AL AZIZIYAH MESJID REUNTOH, PIDIE

maswani, maswani (2025) PERAN KECERDASAN EMOSIONAL, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN AKHLAK SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA DI MTsS NURUR RASYAD AL AZIZIYAH MESJID REUNTOH, PIDIE. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1 Kover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (BAB I)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (458kB)
[img] Text (BAB VI)
3 BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (TESIS LENGKAP)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kecerdasan emosional, lingkungan sekolah, dan akhlak siswa terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an di Mtss Nurur Rasyad. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui angket yang diisi oleh siswa serta observasi terhadap akhlak siswa, kecerdasan emosional, dan lingkungan sekolah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, di mana siswa dengan kecerdasan emosional yang tinggi mampu mengelola emosi mereka secara efektif selama proses hafalan. Selain itu, lingkungan sekolah yang kondusif, dengan fasilitas yang memadai dan dukungan sosial yang baik, juga berperan penting dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an. Akhlak siswa, yang mencakup sikap disiplin, kejujuran, dan tanggung jawab, terbukti meningkatkan konsistensi dan keberhasilan dalam menghafal.

Penelitian ini menyarankan bahwa untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, perlu adanya pendekatan holistik yang mencakup pengembangan kecerdasan emosional, pembenahan lingkungan sekolah, serta pembinaan akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Lingkungan Sekolah, Akhlak Siswa, Kemampuan Menghafal Al-Qur'an, Pembelajaran Holistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:24
Last Modified: 29 Sep 2025 06:24
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item