Insani, Alkahfi (2025) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengoptimalkan Pembinaan Budaya Religius Di SDIT Firdaus Kauman Mojosari. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
|
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (260kB) |
|
|
Text (BAB 6)
3. BAB PENUTUP.pdf - Published Version Download (82kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
|
Text (TESIS FULL TEXT)
5. FULL TESIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan pembinaan budaya religius berperan dalam mencegah kemorosotan moral akibat dampak negatif globalisasi, maka kepala sekolah perlu meningkatkan kesadaran bersama tentang betapa pentingnya budaya religius dalam membentuk karakter siswa.
Penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ialah informan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan budaya religius yaitu kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, kesiswaan dan guru. Peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan pembinaan budaya religius serta 2). Bagaimana implikasi dari strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan pembinaan budaya religius di SDIT Firdaus Kauman Mojosari.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan dalam beberapa hal: 1). Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan pembinaan budaya religius di SDIT Firdaus Kauman Mojosari yaitu a) Regulasi pimpinan sekolah yang berperan dalam memajukan pendidikan agama islam, b) Capaian positif dalam pembelajaran pendidikan agama islam di kelas yang dibimbing oleh guru agama khususnya, c) Meningkatnya antusiasme terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, dan d) Partisipasi aktif warga sekolah dalam keberhasilan pengembangan pendidikan agama islam. 2). Implikasi dari strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan pembinaan budaya religius di SDIT Firdaus Kauman Mojosari yaitu a) Regulasi pimpinan sekolah yang berperan dalam memajukan pendidikan agama islam berimplikasi pada peningkatan budaya religius yang konsisten dan melekat, b) Capaian positif dalam pembelajaran pendidikan agama islam di kelas berimplikasi pada pengembangan kompetensi keagamaan yang berkelanjutan, c) Meningkatnya antusiasme terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan berimplikasi pada peningkatan komitmen siswa terhadap agama islam dan d) Partisipasi aktif warga sekolah dalam keberhasilan pengembangan pendidikan agama islam berimplikasi pada keberhasilan pengembangan gerakan kolektif di SDIT Firdaus.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Sekolah, Budaya Religius |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 08:46 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 08:46 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

