Rofif, Nursofi (2025) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL IHSAN MENGANTI GRESIK. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (478kB) |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (725kB) |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (756kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (319kB) |
|
|
Text (Thesis Fulltext)
Thesis_Rofif Nursofi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Salah satu upaya untuk membentuk pola pikir dan karakter generasi penerus adalah penanaman nilai karakter kepada santri di lembaga pendidikan. Sumber daya pendidik merupakan unsur utama yang memegang peranan penting dalam menanamkan nilai karakter kepada santri.
Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk menjelaskan strategi manajemen pengembangan sumber daya pendidik dan untuk menjelaskan implikasi pengembangan sumber daya manusia dalam menanamkan nilai karakter santri di Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: strategi manajemen pengembangan sumber daya manusia, yaitu: Mempersiapkan sumber daya pendidik mulai mereka masuk di pondok pesantren, pengembangan Skil, komitmen, kompetensi, dedikasi serta loyalitas dibangun semenjak awal masuk menjadi pendidik, melalui pengembangan formal yaitu melalui program mingguan yang dilaksanakan seminggu dua kali yaitu setiap hari rabu malam atau bisa disebut “rebon” dilaksanakan agenda rutin pelatihan/ pembinaan guru dan setiap kamis malam atau bisa disebut “kemisan” merupakan kegiatan penguatan nilai panca jiwa, ngaji bersama pengasuh pondok dan evaluasi terhadap tenaga pendidik di Pondok Pesantren Darul Ihsan, mulai dari kinerja, loyalitas, sampai dengan kesalahan yang terkecil pun akan di bahas di forum ini. Kedua program tersebut diselenggarakan oleh KMI (Kulliatul Mu’allimin al-Islamiyyah) bagian Tim Pengembangan Karir Guru. Selan itu pengembangan informal yaitu dalam bentuk seperti diskusi profesional dengan sejawat, yang mencakup saling tukar praktik dan umpan balik langsung, pendidik rutin melakukan refleksi mandiri melalui bacaan artikel, jurnal, atau modul daring untuk meningkatkan strategi pembelajaran, pendidik harus memahami kurikulum KMI (Kulliyatul Mu’allimin al Islamiyah) dan nilai panca jiwa, dan menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Implikasi pengembangan sumber daya manusia dalam menanamkan nilai karakter santri di Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik berdampak positif di antaranya memotivasi ustadz dan ustadzah menjadi pengajar profesional, meningkatkan mutu pendidikan, menumbuhkan jiwa keikhlasan, menumbuhkan jiwa kemandirian, menumbuhkan jiwa kesederhanaan, mempererat ukhuwah diniah, dan menumbuhkan jiwa kebersamaan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik, Nilai Karakter. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:59 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 06:59 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

