KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDORONG KINERJA GURU DI SDN BENING KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

Albert, Firdaus (2025) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDORONG KINERJA GURU DI SDN BENING KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ca.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Tesis Full)
TF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kinerja guru menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi kualitas pendidikan di sekolah, dan kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan kinerja guru melalui berbagai kebijakan dan strategi yang diterapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mendorong Mendorong Kinerja Guru di SDN Bening, serta hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam upaya tersebut. Selain itu, penelitian ini juga berfokus pada dampak kepemimpinan kepala sekolah terhadap transformasi kinerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan kepala sekolah, guru, dan siswa sebagai sumber data. Teknik analisis data dilakukan melalui proses pengecekan, pengorganisasian, serta pengkodean data. Untuk meningkatkan keabsahan data, peneliti juga menerapkan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mendorong Mendorong Kinerja Guru di SDN Bening telah berjalan cukup baik, meskipun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Strategi tersebut meliputi pembangunan kedisiplinan kerja, penguatan sikap dan mental positif guru, serta perencanaan berbasis data guru. Hal ini tercermin dari meningkatnya kinerja sejumlah guru. Sementara itu, tantangan yang dihadapi meliputi rendahnya disiplin kerja dan minimnya partisipasi masyarakat. Implikasi dari kepemimpinan kepala sekolah dalam Mendorong Kinerja Guru terlihat pada Peningkatan Profesionalisme Guru,Terciptanya Budaya Kerja yang Positif,Peningkatan Kinerja Sekolah Secara Keseluruhan, Penguatan Peran Kepala Sekolah sebagai Agen Perubahan,Terciptanya Sistem Evaluasi yang Berkelanjutan, dan Peningkatan Partisipasi Stakeholder Sekolah. Seluruh aspek tersebut didukung oleh perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan evaluasi terhadap kegiatan Mendorong Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:55
Last Modified: 26 Sep 2025 06:55
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item