Putri, Nofdah Eka (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER JUJUR PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAI) DAN EKSTRAKURIKULER DI SMA N 1 KUTOREJO KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
![]() |
Text
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (409kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Download (212kB) |
![]() |
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (247kB) |
![]() |
Text
THESIS FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pembentukan karakter jujur pada peserta didik sangat penting untuk menciptakan generasi yang berintegritas dan bertanggung jawab. Sekolah, terutama melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan ekstrakurikuler, berperan besar dalam menanamkan nilai kejujuran. Peran guru dan orang tua sebagai teladan juga sangat dibutuhkan agar peserta didik terbiasa bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) Untuk menganalisis peran pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) serta kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter jujur siswa di SMA N 1 Kutorejo. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter jujur peserta didik melalui kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti serta kegiatan ekstrakurikuler di SMA N 1 Kutorejo.
Sedangkan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru PAI, pembina ekstrakurikuler, serta siswa yang aktif dalam kegiatan Pramuka dan Rohis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Pembentuka karakter jujur melalui kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yaitu terdapat lima aspek yaitu melalui peran pembelajaran PAI dalam menanamkan kejujuran, metode pembelajaran yang mendukung, refleksi dan evaluasi dalam pembelajaran PAI, perspektif peserta didik tentang pembelajaran kejujuran dalam PAI dan pembiasaan kejujuran dalam perkataan dan perilaku sehari-hari. Selain itu pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler adalah melalui kegiatan pramuka terdapat sikap tanggung jawab dan kerja sama yang menjadikan siswa memiliki karakter jujur serta dalam kegiatan rohis yaitu melalui kegiatan pengajian, diskusi moral dan bakti sosial. 2.) Adapun bentuk faktor pendukung melalui kegiatan pembelajaran kurikulum berbasis nilai-nilai karakter, metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual, keteladanan guru PAI, dukungan dari keluarga serta lingkungan sosial yang positif. Faktor pendukung melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu kurikulum dan program sekolah yang mendukung, peran pembina ekstrakurikuler, lingkungan sekolah yang kondusif serta dukungan orang tua dan keluarga. Adapun bentuk faktor penghambat pembentukan karakter jujur melalui kegiatan pembelajaran yaitu kurangnya penegakan nilai kejujuran, kurangnya pengawasan dalam penerapan kejujuran, pengaruh lingkungan serta tekanan dari teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Jujur, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Ekstrakurikuler |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 06:52 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |