Nurul, Husna (2025) Kinerja Kepala Madrasah dan Guru dalam Pengelolaan Peserta Didik pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 31 Bireuen. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (295kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (563kB) |
![]() |
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version Download (287kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf - Published Version Download (362kB) |
![]() |
Text (TESIS LENGKAP)
TESIS FULL (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja kepala madrasah mengevaluasikan guru tentang pengelolaan peserta didik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kinerja guru mengevaluasikan peserta didik yang telah dilakukan antara lain, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Adapun tujuan penelitian, yaitu: untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 31 Bireuen, dan untuk memahami hambatan-hambatan yang diterima dalam kinerja kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 31 Bireuen.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang peneliti gunakan yaitu teori kinerja untuk melihat hasil kerja yang telah dicapai oleh kepala madrasah dan guru dalam pengelolaan peserta didik. Hasil penelitian, yaitu: Perencanaan kinerja kepala madrasah belum maksimal. Perencanaan kinerja guru yaitu, perencanaan proses belajar mengajar (PBM), perencanaan perangkat pembelajaran, perencanaan kurikulum, dan perencanaan pengalokasian waktu belajar. Pelaksanaan kinerja kepala madrasah yaitu, melakukan supervisi guru. Pelaksanaan kinerja guru sesuai dengan modul ajar dan LKPD yaitu pelaksanaan PBM, pelaksanaan perangkat pembelajaran, pelaksanaan kurikulum merdeka belajar, dan pelaksanaan pengalokasian waktu belajar.
Hambatan kinerja kepala madrasah yaitu, kekurangan guru bidang studi agama, kekurangan dana dalam kebutuhan madrasah yang tidak sesuai juknis. Selanjutnya hambatan kinerja guru antara lain, kurangnya media pembelajaran, peserta didik kurang memahami bahasa Indonesia, dan kurangnya perhatian orangtua karena sibuk bekerja sebagai nelayan atau pekerjaan lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Pengelolaan, Kepala Madrasah, Guru dan Peserta Didik, MIN 31 Bireuen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 06:36 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 06:36 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |