Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter sebagai Upaya Anti Bullying siswa di MIN 13 Pidie Jaya

Khairunnisak, - (2025) Kreativitas Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter sebagai Upaya Anti Bullying siswa di MIN 13 Pidie Jaya. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (BAB VI Kesimpulan dan Penutup)
BAB VI .pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Tesis Lengkap)
TESIS LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kreativitas guru Akidah Akhlak dalam membentuk karakter peserta didik sebagai upaya pencegahan bullying di MIN 13 Pidie Jaya. Fenomena bullying yang masih marak di lingkungan pendidikan dasar, baik dalam bentuk verbal, fisik, maupun psikologis, dapat merusak proses pembelajaran dan perkembangan karakter siswa. Dalam konteks ini, guru Akidah Akhlak memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, yang dapat menciptakan lingkungan yang bebas dari intimidasi. Penelitian ini juga mengungkap strategi yang diterapkan oleh guru untuk menanamkan nilai-nilai anti-bullying serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam proses tersebut, dengan harapan dapat memberikan kontribusi praktis dan akademik dalam penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di madrasah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di MIN 13 Pidie Jaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru Akidah Akhlak tercermin melalui penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti diskusi, cerita teladan, permainan edukatif, hingga pemanfaatan media sederhana dan teknologi. Strategi tersebut terbukti mampu menumbuhkan kesadaran moral, rasa empati, dan sikap saling menghargai antar siswa. Faktor pendukung yang memperkuat keberhasilan pembelajaran antara lain dukungan sekolah, keterlibatan orang tua, serta budaya madrasah yang religius. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana, kurangnya motivasi sebagian siswa, dan pengaruh lingkungan luar sekolah. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa kreativitas guru Akidah Akhlak berperan signifikan dalam membentuk karakter anti-bullying, sekaligus memperkuat fungsi madrasah sebagai ruang pembinaan moral dan spiritual bagi generasi muda.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas guru, Akidah Akhlak, pembentukan karakter, anti bullying, MIN 13 Pidie Jaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 26 Sep 2025 06:38
Last Modified: 26 Sep 2025 06:38
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item