PENGARUH SUPERVISI KLINIS, METODE COACHING, DAN TEKNIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA GURU DI SMPS 2 AL-MUHAJIRIN, PURWAKARTA, JAWA BARAT

Naning, Indrawati (2025) PENGARUH SUPERVISI KLINIS, METODE COACHING, DAN TEKNIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA GURU DI SMPS 2 AL-MUHAJIRIN, PURWAKARTA, JAWA BARAT. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
Coverr.pdf - Published Version

Download (806kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB Akhir (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH)
Tugas Akhir Ilmiahh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi klinis, metode coaching, dan teknik individu terhadap kinerja guru di SMPS 2 Al-Muhajirin. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peningkatan kinerja guru sebagai pilar utama dalam pencapaian mutu pendidikan. Supervisi klinis, metode coaching, dan teknik individu dinilai sebagai pendekatan strategis dalam membina dan meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMPS 2 Al-Muhajirin sebanyak 45 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,445 dan nilai signifikansi 0,003. Metode coaching juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,352 dan nilai signifikansi 0,005. Teknik individu memberikan pengaruh signifikan dengan koefisien sebesar 0,396 dan nilai signifikansi 0,004. Secara simultan, ketiga variabel bebas tersebut memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai F sebesar 45,201 dan nilai signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,722 menunjukkan bahwa 72,2% variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh supervisi klinis, metode coaching, dan teknik individu.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi klinis, metode coaching, dan teknik individu memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Oleh karena itu, penerapan ketiga strategi tersebut sangat direkomendasikan untuk meningkatkan profesionalitas guru di lingkungan sekolah, khususnya di SMPS 2 Al-Muhajirin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Metode Coaching, Teknik Individu, Kinerja Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 20 Sep 2025 09:52
Last Modified: 20 Sep 2025 09:52
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item