URGENSI MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DAN KEPUASAN ORANG TUA DI MAS UNGGUL NURUR RASYAD AL-AZIZIYAH

Ikhsan, Ikhsan (2025) URGENSI MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DAN KEPUASAN ORANG TUA DI MAS UNGGUL NURUR RASYAD AL-AZIZIYAH. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Kover dan Abstrak)
1 Kover dan Abstrak 3 bahasa.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (Bab I)
2 Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
3 Bab Akhir Penutup.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Tesis Lengkap)
5 UTUH WM BARU TESIS IKHSAN 170925 - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ikhsan, 230501015155, 2025, Urgensi Manajemen Madrasah dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa dan Kepuasan Orang Tua di MAS Unggul Nurur Rasyad Al-Aziziyah*, Tesis Pascasarjana Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas KH. Abdul Chalim, Pembimbing: Dr. Hasyim Asy'ari, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen Madrasah, Kedisiplinan Siswa, Kepuasan Orang Tua, Komunikasi Efektif.
Kedisiplinan siswa dan kepuasan orang tua merupakan indikator penting kualitas layanan pendidikan di madrasah. Namun, masih banyak lembaga pendidikan Islam yang menghadapi tantangan dalam menumbuhkan disiplin peserta didik secara konsisten serta membangun kepuasan orang tua terhadap layanan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi manajemen madrasah dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa, kontribusinya terhadap kepuasan orang tua, serta peran komunikasi efektif antara madrasah dan orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MAS Unggul Nurur Rasyad Al-Aziziyah.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen madrasah yang profesional, partisipatif, dan berbasis nilai Islam mampu menumbuhkan budaya disiplin siswa, meningkatkan kepuasan orang tua, serta memperkuat hubungan komunikasi yang transparan dan intensif antara madrasah dan orang tua. Implikasi penelitian menegaskan pentingnya penguatan kapasitas manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Madrasah, Kedisiplinan Siswa, Kepuasan Orang Tua, Komunikasi Efektif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 20 Sep 2025 09:37
Last Modified: 20 Sep 2025 09:37
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4704

Actions (login required)

View Item View Item