Siti, Alimatul Hasanah (2025) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI MTSN 1 MOJOKERTO DALAM PERSPEKTIF KONSEP AMONG TRILOGI KI HAJAR DEWANTARA. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (581kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (511kB) |
![]() |
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version Download (207kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (444kB) |
![]() |
Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia mendorong perlunya model kepemimpinan yang selaras dengan nilai budaya bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kepemimpinan kepala sekolah di MTsN 1 Mojokerto dalam perspektif konsep among trilogi Ki Hajar Dewantara, dan (2) menganalisis tipologi pendidik di MTsN 1 Mojokerto dalam perspektif trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, waka kesiswaan, guru matematika, guru bahasa Indonesia, guru fikih dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kepemimpinan kepala sekolah di MTsN 1 Mojokerto mencerminkan nilai Ing Ngarsa Sung Tuladha melalui keteladanan sikap disiplin, tegas, sederhana, dan menjadi panutan; Ing Madya Mangun Karsa melalui kemampuan membangun kebersamaan, memberi motivasi, menciptakan suasana kerja yang harmonis, serta mendorong partisipasi warga sekolah dalam kegiatan akademik maupun non-akademik; serta Tut Wuri Handayani melalui pemberian dorongan, kepercayaan, dan motivasi sehingga guru, tenaga kependidikan maupun peserta didik mampu berinovasi dan berkembang secara mandiri. (2) tipologi pendidik di MTsN 1 Mojokerto juga mencerminkan nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Dalam Ing Ngarsa Sung Tuladha, guru berperan sebagai teladan melalui ucapan, sikap dan prilaku; pada Ing Madya Mangun Karsa guru berperan sebagai fasilitator yang membangun semangat belajar peserta didik, memberi ruang kreativitas, serta mendorong kolaborasi dalam pembelajaran; serta Tut Wuri Handayani guru berperan sebagai motivator yang memberikan dorongan, arahan serta kepercayaan kepada peserta didik agar mandiri, percaya diri dan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki. Dengan demikian, penerapan konsep among trilogi Ki Hajar Dewantara di MTsN 1 Mojokerto berimplikasi pada terciptanya lingkungan pendidikan yang humanis, partisipatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter serta peningkatan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tipologi Pendidik, Konsep Among, Trilogi Ki Hajar Dewantara. |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 10:04 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 10:04 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |