NAILA, RAHMA JAMILAH (2025) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NONAKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS KH. ABDUL CHALIM.
![]() |
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (237kB) |
![]() |
Text (tesis full)
TESIS FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Peningkatan prestasi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik, merupakan indikator penting keberhasilan lembaga pendidikan. Namun, manajemen kesiswaan di SMA Negeri 1 Sooko Kabupaten Mojokerto tidak hanya berorientasi pada perolehan prestasi dan piagam, tetapi juga menempatkan pembentukan keterampilan (skill) dan akhlak mulia sebagai tujuan yang setara pentingnya. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana manajemen kesiswaan mampu mengintegrasikan pencapaian prestasi, pengembangan keterampilan, dan pembinaan karakter secara terpadu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum dan kesiswaan, guru BK, guru pembina, peserta didik, dan orang tua siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan di SMA Negeri 1 Sooko dilaksanakan secara sistematis dan terintegrasi melalui fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam aspek akademik, sekolah menerapkan pemetaan potensi siswa, pembinaan terjadwal, dan evaluasi berbasis hasil. Dalam aspek nonakademik, kegiatan ekstrakurikuler dikembangkan sesuai minat-bakat dengan dukungan pembina internal, alumni, dan fasilitas sekolah. Orang tua terlibat aktif dalam pembinaan prestasi dan pembentukan karakter anak. Penelitian ini berliniskan pada teori manajemen klasik (George R. Terry) yang masih relevan diterapkan dalam manajemen pendidikan modern, teori manajemen pendidikan kontemporer (Suwardi & Daryanto, Sunantar, Mulyono, Astuti & Imron), serta perspektif tokoh Islam, yaitu Al-Ghazali (pendidikan akhlak), Ibnu Sina (keseimbangan ilmu dan keterampilan), Ibnu Khaldun (pembiasaan karakter), dan Hasan Langgulung (pengembangan ranah kognitif, afektif, psikomotor). Integrasi teori ini memperkuat temuan bahwa manajemen kesiswaan yang efektif memadukan pencapaian prestasi, pembinaan keterampilan, dan pembentukan akhlak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kesiswaan, Prestasi Akademik, Prestasi Nonakademik, Partisipasi Orang Tua |
Subjects: | E History America > E11 America (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 09:39 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:39 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |