Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Video learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Berkebutuhan Khusus (Tunagragita) di SLB Negeri Seduri Mojokerto.

ice, trisnawati (2025) Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Video learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Berkebutuhan Khusus (Tunagragita) di SLB Negeri Seduri Mojokerto. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (855kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB Vl Penutup .pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESISS FULLLL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, baik di dunia maupun kehidupan setelahnya. Melalui pendidikan, setiap individu dapat menemukan jalan untuk mencapai tujuannya. Karena itu, pendidikan harus diberikan secara adil dan merata kepada semua orang, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis penerapan pembelajaran (PAI) melalui video learning dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP (tunagrahita) di SLB Negeri Seduri Mojokerto. 2) Menganalisis implikasi penerapan pembelajaran (PAI) melalui video learning dalam meningkatkan minat belajar siswa (tunagrahita) di SLB Negeri Seduri Mojokerto. 3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasi permasalahan penerapan pembelajaran PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP (tunagrahita) melalui video learning di SLB Negeri Seduri Mojokerto.
Sedangkan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kulitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik.
Hasil penelitian: (1) Penerapan video learning dalam pembelajaran PAI di SLB Negeri Seduri Mojokerto efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa tunagrahita. Pembelajaran dimulai dengan analisis kebutuhan siswa, penyusunan materi sederhana, dan pemilihan video berdurasi pendek dengan elemen visual menarik. Evaluasi dilakukan melalui observasi, kuis, dan umpan balik siswa, yang meningkatkan pemahaman dan minat siswa. (2) Implikasi dari penggunaan video learning adalah peningkatan pemahaman, minat belajar, dan interaksi siswa dengan materi. Media ini membantu siswa tunagrahita memahami ajaran Islam dengan penggunaan gambar, suara, animasi, dan teks, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif. (3) Faktor pendukung video learning meliputi media visual, pendekatan interaktif, fleksibilitas waktu, dan dukungan guru terlatih. Penghambatnya antara lain keterbatasan akses teknologi, kesulitan materi, dan waktu terbatas. Solusinya adalah peningkatan akses teknologi, penyesuaian materi, pelatihan guru dan siswa, serta dukungan orang tua dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: video learning, siswa tunagrahita, minat belajar, media visual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 19 Sep 2025 10:21
Last Modified: 19 Sep 2025 10:21
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4688

Actions (login required)

View Item View Item