DIA, KURNIAWATI (2025) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 1 LOMBOK TENGAH. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
![]() |
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (355kB) |
![]() |
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (331kB) |
![]() |
Text (bab vi penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (226kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (238kB) |
![]() |
Text (tesis full)
TESIS FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Tengah. 2) Menganalisis strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Tengah, dan 3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Tengah.
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan mengambil sumber data pada kepala madrasah dan guru melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah dalam perencanaannya yaitu mengidentifikasi kebutuhan guru, penetapan tujuan, penyususnan rencana program pengembangan profesionalisme guru, menyiapkan sumber daya yang dibutuhkan, serta evaluasi dan tindak laanjut. pelaksanaannya meliputi: mengadakan program rutin MGMP, pelatihan, workshop, seminar, supervisi, mengarahkan guru mengikuti PPG. Kemudian pada tahap evaluasi yakni dilakukan melalui PKG (penilaian kinerja guru). Strategi manajemen kepala madrasah yakni pengembangan diri guru dengann mengadakan pelatihan, memotivasi dan mendorong untuk studi lanjut, menciptakan suasana yang kondusif, serta memberikan reward atas keberhasilan dalam berinovasi. Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu keseriusan dari kepala madrasah, komitmen dan semangat guru, Kesadaran dan tanggung jawab guru untuk menjadi guru yang profesional dalam proses belajar mengajar serta kerjasama dengan lembaga eksternal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan sumberdaya seperti infrastruktur, sarana dan prasarana yang masih terbatas serta manajemen waktu ynag belum efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru |
Subjects: | J Political Science > J General legislative and executive papers |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:39 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:39 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |