MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 1 LOMBOK TENGAH

DIA, KURNIAWATI (2025) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 1 LOMBOK TENGAH. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (bab vi penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (tesis full)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Tengah. 2) Menganalisis strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Tengah, dan 3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lombok Tengah.
penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan mengambil sumber data pada kepala madrasah dan guru melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala madrasah dalam perencanaannya yaitu mengidentifikasi kebutuhan guru, penetapan tujuan, penyususnan rencana program pengembangan profesionalisme guru, menyiapkan sumber daya yang dibutuhkan, serta evaluasi dan tindak laanjut. pelaksanaannya meliputi: mengadakan program rutin MGMP, pelatihan, workshop, seminar, supervisi, mengarahkan guru mengikuti PPG. Kemudian pada tahap evaluasi yakni dilakukan melalui PKG (penilaian kinerja guru). Strategi manajemen kepala madrasah yakni pengembangan diri guru dengann mengadakan pelatihan, memotivasi dan mendorong untuk studi lanjut, menciptakan suasana yang kondusif, serta memberikan reward atas keberhasilan dalam berinovasi. Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru yaitu keseriusan dari kepala madrasah, komitmen dan semangat guru, Kesadaran dan tanggung jawab guru untuk menjadi guru yang profesional dalam proses belajar mengajar serta kerjasama dengan lembaga eksternal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan sumberdaya seperti infrastruktur, sarana dan prasarana yang masih terbatas serta manajemen waktu ynag belum efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:39
Last Modified: 19 Sep 2025 07:39
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item