RIZKI, RIZKI HIDAYAT (2023) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BIREUEN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (378kB) |
![]() |
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I.pdf - Published Version Download (474kB) |
![]() |
Text (BAB V (PENUTUP))
BAB V.pdf - Published Version Download (146kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (374kB) |
![]() |
Text (TESIS FULL RIZKI)
tesis fulll.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bireuen.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. data dan sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Serta pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara.
Temuan dari penelitian ini mengenai Manajemen Strategis Kepala Madrasah mengacu pada perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi langkah-langkah strategis yang diambil oleh kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Temuan penelitian ini kepala sekolah madrasah Aliyah (MA) negeri 3 bireuen dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pertama merujuk pada Konsolidasi Internal Sekolah. Kepala madrasah berperan dalam menggabungkan elemen dan aspek dalam lingkungan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Proses konsolidasi internal melibatkan identifikasi visi, misi, dan nilai-nilai bersama, serta pembentukan tim kolaboratif untuk mengelola aspek internal sekolah guna mencapai tujuan pendidikan. Kedua Analisis Kebutuhan Pendidikan yaitu Pengumpulan informasi tentang siswa, pengajaran guru, dan metode pengajaran merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Melalui pemahaman mendalam tentang siswa, strategi pengajaran guru, dan metode yang efektif, kepala madrasah dapat merancang pendekatan yang lebih sesuai dan inklusif. Ketiga Pengembangan Sumber Daya Manusia yaitu dengan Peningkatan kualitas sumber daya manusia di MA Negeri 3 Bireuen menjadi faktor pendukung. Program pelatihan guru, perekrutan dan seleksi berkualitas, evaluasi kinerja, pemberdayaan guru, budaya pembelajaran, dan komunikasi terbuka merupakan komponen-komponen yang membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan. Keempat Monitoring dan Evaluasi yaitu Melalui monitoring dan evaluasi, kepala madrasah dan staf guru mengukur kemajuan dan pencapaian tujuan pendidikan. Ini membantu identifikasi area keberhasilan dan kekurangan serta memberikan dasar untuk perbaikan terus-menerus dalam proses pembelajaran. Kelima Manajemen Perencanaan Tindak Lanjut yaitu Kepala madrasah melakukan rapat umum dengan staf pengajar untuk menyusun langkah-langkah konkret yang mengatasi hambatan dan mewujudkan perbaikan dalam pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepala Sekolah, Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 07:22 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 07:22 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |