Pembentukan Nilai-nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Religiusitas pada Siswa Muslim di SMP Santo Yusup

Beny, Adianto (2025) Pembentukan Nilai-nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Religiusitas pada Siswa Muslim di SMP Santo Yusup. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Coverlamp Upload FIX.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text (BAB VI - PENUTUP KESIMPULAN)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS UPLOAD RESPOSITORI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam masyarakat yang multikultural, pembentukan nilai-nilai moderasi
beragama sangat penting untuk mencegah intoleransi di kalangan generasi muda.
SMP Santo Yusup Pacet sebagai sekolah Katolik yang dihuni mayoritas siswa
Muslim menjadi ruang strategis untuk menanamkan nilai-nilai tersebut melalui
pendidikan religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi
guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk nilai-nilai moderasi seperti
tasamuh, i’tidal, tawazun, dan syura melalui proses pembelajaran yang kontekstual
dan inklusif pada siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam pembentukan
nilai-nilai moderasi beragama pada satuan pendidikan berbasis Katolik, yaitu di
SMP Santo Yusup Pacet. Sumber data primer dalam penelitian ini meliputi guru
Pendidikan Agama Islam, guru agama lain (Kristen Katolik), guru mata pelajaran
umum, serta peserta didik. Adapun data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen
sekolah, program kegiatan tahunan, serta dokumentasi pembelajaran. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif,
dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan teknik
triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta melakukan member check kepada
para informan utama. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui tahapan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi secara
berkesinambungan hingga diperoleh data yang dinilai telah mencapai titik
kejenuhan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dilakukan secara
sistematis di tingkat sekolah, yang selaras dengan visi dan misi keberagaman, serta
di tingkat guru melalui perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, dan modul ajar
yang mengintegrasikan nilai Tasamuh, I’tidal, Tawazun, dan Syura. (2).
Pelaksanaannya dilakukan secara intrakurikuler, kokurikuler, dan kultural, dengan
pembelajaran aktif-konstekstual, penugasan reflektif, kegiatan keagamaan, serta
keteladanan guru dan staf, sehingga nilai moderasi beragama hidup dalam praktik
sehari-hari.(3). Terdapat beberapa implikasi yang terlihat, yakni pada individu
siswa, berupa peningkatan toleransi, pemahaman keagamaan yang moderat, dan
sikap saling menghargai, serta implikasi pada lingkungan sosial, seperti terciptanya
suasana sekolah yang harmonis, inklusif, dan bebas dari diskriminasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Religiusitas, Nilai-Nilai Moderasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 17 Sep 2025 09:41
Last Modified: 17 Sep 2025 09:41
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4535

Actions (login required)

View Item View Item