IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 MOJOKERTO

Rifatun, Sofiah (2025) IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover abstrak)
Cover abstrak Rifa.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Rifatun sofiah done ye.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rifatun Sofiah. 2025. “Implementasi Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fikih di MAN 1 Mojokerto”, Skripsi: Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas KH. Abdul Chalim. Pembimbing: Fina Surya Anggraini, M.Pd.I
Cooperative learning memiliki keterkaitan dengan kecerdasan interpersonal. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan berkelompok, menekankan kerja sama antar siswa dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi cooperative learning dalam pembelajaran fikih dan implikasi dari implementasi cooperative learning dalam peningkatan kecerdasan interpersonal siswa di kelas XI MAN 1 Mojokerto.
Pada penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, guru fikih, dan siswa kelas XI. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan model Licoln dan Guba terfokus pada kriteria creadibility yakni memperpanjang waktu penelitian, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran cooperative leraning dilaksanakan dengan menerapkan teknik STAD (Student team achievement devision) dan NHT (Number head together). Keduanya memprioritaskan kolaborasi dan berkelompok, namun teknik STAD terfokus pada keberhasilan ditentukan dari solidaritas kelompok, sedangkan teknik NHT pada penomoran kelompok dan tidak semua siswa dalam kelompok mendapat giliran untuk presentasi. 2) cooperative learning membentuk kompetensi kecerdasan interpersonal pada aspek: keterampilan sosial melalui interaksi siswa dalam berdiskusi dan bermusyawarah; keterampilan komunikasi menyampaikan pendapat dan pertanyaan; kepemimpinan mampu menjadi koordinator dalam kelompok; dan empati dengan menghargai pendapat, mendengarkan dan bekerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Kecerdasan Interpersonal, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:52
Last Modified: 15 Sep 2025 07:52
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4525

Actions (login required)

View Item View Item