Pengaruh Konten Islami Di Media Sosial Dan Profesionalisme Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Mojowarno Jombang

Widari, Widari (2025) Pengaruh Konten Islami Di Media Sosial Dan Profesionalisme Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Mojowarno Jombang. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim Mojokerto.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (754kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (953kB)
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN)
BAB VI KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (583kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS WIDARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar bagi penyebaran konten keislaman melalui media sosial, namun juga menghadirkan tantangan dalam menjaga arah pendidikan yang benar. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), fenomena ini dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Di tengah arus informasi yang tak terbatas, guru PAI tetap memegang peran strategis dalam membimbing pemahaman dan menanamkan nilai-nilai Islam melalui pembelajaran yang sistematis dan berbasis kurikulum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten Islami di media sosial dan profesionalisme guru PAI, baik secara parsial maupun simultan, terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel terdiri dari 126 responden yang dipilih melalui teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Islami di media sosial tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Sebaliknya, profesionalisme guru PAI berpengaruh signifikan dan positif. Secara simultan, kedua variabel memberikan pengaruh yang signifikan dengan kontribusi sebesar 53,8% terhadap hasil belajar siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Penelitian ini memberikan sumbangsih ilmiah dalam pengembangan pendidikan agama Islam di era digital, serta mempertegas pentingnya peran guru yang profesional dalam meningkatkan hasil belajar. Kolaborasi antara konten Islami yang relevan dan pendampingan guru yang kompeten menjadi strategi potensial dalam memperkuat efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konten Islami di Media Sosial, Profesionalisme Guru, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 22 Nov 2025 11:29
Last Modified: 22 Nov 2025 11:29
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4514

Actions (login required)

View Item View Item