STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA GURU DI SLB SMART SCHOOL PACET MOJOKERTO

Hoiri, Hoririah (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA GURU DI SLB SMART SCHOOL PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup/Kesimpulan)
BAB 6 (Penutup).pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Tesis Fulltext Hoiri Hoririah)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hak dasar setiap manusia tanpa memandang latar belakang apapun, termasuk kondisi fisik maupun psikologis. Untuk itu, sekolah luar biasa (SLB) seperti SLB Smart School di Pacet hadir sebagai solusi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Sekolah ini menyediakan guru yang profesional yang mampu membantu perkembangan sosial dan motorik siswa. Oleh karena itu, diperlukan tenaga pendidik yang kompeten dan memiliki strategi tepat untuk memajukan SLB sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas sumber daya guru di SLB Smart School Pacet Mojokerto serta mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam penerapan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian meliput kepala sekolah, guru dan staf sekolah
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi yang terstruktur melalui pelaksanaan program guru, (perencanaan pembelajaran guru, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, pengembangan profesional guru, mengikuti workshop, dan tutor) pembagian jobdesk dan evaluasi pembelajaran guru (perencanaan pembelajaran, pengajaran, penilaian, komunikasi, dan pengembangan profesional). Faktor penghambat terdiri dari keterbatasan latar belakang pendidikan guru dalam bidang pendidikan luar biasa dan kedisiplinan sebagian guru yang belum optimal. Secara keseluruhan, strategi kepala sekolah memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya guru yang berdampak pada peningkatan bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Smart School Pacet Mojokerto.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:08
Last Modified: 12 Sep 2025 08:08
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4504

Actions (login required)

View Item View Item