Nur, Afifah (2025) STUDI IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PROGRAM UNGGULAN "MADRASAH PLUS KETERAMPILAN" DI MAN 2 MOJOKERTO. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (445kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (442kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (286kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (269kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI (FULL))
SKRIPSI (FULL) REPOSITORY NUR AFIFAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan vokasi di madrasah merupakan strategi krusial dalam menjawab tantangan ketenagakerjaan dan bonus demografi di Indonesia. Pembekalan keterampilan hidup bagi siswa diperlukan untuk meningkatkan daya saing lulusan di era digital. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan sarana, rendahnya partisipasi siswa, serta belum optimalnya sistem evaluasi dan manajemen mutu. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan manajerial yang sistematis dan berorientasi pada mutu, yaitu melalui Total Quality Management (TQM).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi prinsip-prinsi TQM secara informal dalam Program Unggulan “Madrasah Plus Keterampilan” serta menganalisis bentuk quality control menggunakan diagram cause and effect (fishbone) dan siklus PDCA di MAN 2 Mojokerto. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian mencakup Wakamad Kurikulum, Kepala Bengkel Keterampilan, guru keterampilan dan siswa. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, serta keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip dan alat quality control TQM diterapkan secara informal pada Program Unggulan “Madrasah Plus Keterampilan” di MAN 2 Mojokerto, yakni melalui asesmen bakat-minat sesuai kebutuhan siswa di awal tahun ajaran, perbaikan melalui evaluasi awal tahun, RENSTRA dan insidental dengan menggunakan diagram cause and effect (fishbone) untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan siklus PDCA untuk perbaikan berkelanjutan. Adanya sinergi antar seluruh pihak, dan pemanfaatan laporan guru keterampilan sebagai dasar penyusunan program tahun berikutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Total Quality Management, Madrasah Plus Keterampilan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 MPI UAC |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:27 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 08:27 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |