Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Mengimplementasikan Uu No. 14 Tahun 2005 Pasal 14 Tentang Hak Dan Kewajiban Terhadap Kesejahteraan Guru Honorer (Studi Kasus MAN 1 Alor Nusa Tenggara Timur)

Guffron, Abdul Azis (2025) Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Mengimplementasikan Uu No. 14 Tahun 2005 Pasal 14 Tentang Hak Dan Kewajiban Terhadap Kesejahteraan Guru Honorer (Studi Kasus MAN 1 Alor Nusa Tenggara Timur). Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak 3 Bahasa)
COVER & ABSTRAK 3 BAHASA.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text (BAB VI (PENUTUP))
BAB VI (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (FULL TESIS GUFFRON ABDUL AZIS)
FULL TESIS GUFFRON ABDUL AZIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesejahteraan guru merupakan elemen fundamental dalam menunjang kualitas pendidikan, namun dalam realitasnya, khususnya bagi guru honorer di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Alor, implementasi hak-hak kesejahteraan yang diatur dalam Pasal 14 UU No. 14 Tahun 2005 masih menghadapi tantangan signifikan. Pasal tersebut menegaskan bahwa guru berhak memperoleh penghasilan diatas kebutuhan hidup minimum serta jaminan kesejahteraan sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Kebijakan kepala madrasah di MAN 1 Alor dalam mengimplementasikan Pasal 14 UU No. 14 Tahun 2005 tentang hak dan kewajiban kesejahteraan guru. (2) Kendala yang dihadapi kepala madrasah di MAN 1 Alor dalam merealisasikan kesejahteraan guru sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus (case study), dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar, bukan angka-angka. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah di MAN 1 Alor memiliki komitmen kuat dalam mengimplementasikan kebijakan terkait hak-hak guru, termasuk kesejahteraan, penghasilan layak, jaminan sosial, dan pengembangan profesional. Kebijakan ini disusun melalui proses penyusunan agenda, formulasi, adopsi, implementasi, dan evaluasi yang melibatkan dewan guru dan komite madrasah.
Namun, pelaksanaan kebijakan menghadapi berbagai kendala seperti keterlambatan pencairan tunjangan profesi, keterbatasan anggaran, koordinasi antarinstansi yang kurang optimal, akses pelatihan yang terbatas, serta perbedaan pemahaman guru terhadap isi undang-undang. Kepala madrasah tetap berupaya mengatasi kendala tersebut dengan optimalisasi sumber daya, penguatan komunikasi, serta pelaksanaan program alternatif internal maupun daring.
Implikasi kebijakan ini meliputi peningkatan kesejahteraan guru, perbaikan manajemen madrasah, peningkatan kualitas pendidikan, penguatan kebijakan pendidikan nasional, serta pengembangan profesionalisme kepala madrasah. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan koordinasi lintas lembaga dan penyesuaian kebijakan berbasis kebutuhan lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Kepala Madrasah, Implementasi Pasal 14 UU Guru dan Dosen dan Kesejahteraan Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 12 Sep 2025 05:53
Last Modified: 12 Sep 2025 05:53
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item