ANALISIS IMPLEMENTASI EDM (EVALUASI DIRI MADRASAH) DAN E-RKAM (ELECTRONIC RENCANA KERJA DAN ANGGARAN MADRASAH) DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS DAN MUTU PENDIDIKAN DI MA ISLAMIC CENTER MOJOKERTO

Nur, Alifah (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI EDM (EVALUASI DIRI MADRASAH) DAN E-RKAM (ELECTRONIC RENCANA KERJA DAN ANGGARAN MADRASAH) DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS DAN MUTU PENDIDIKAN DI MA ISLAMIC CENTER MOJOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS KH.ABDUL CHALIM.

[img] Text (cover dan abstrak)
1 cover dan abstrak _repostory.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
2 bab 1 _repostory.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 6)
3 bab 6_repostory.pdf - Published Version

Download (849kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4 daftar pustaka_repostory.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas akhir full teks)
5 tugas akhir repository_revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Peningkatan mutu dan akuntabilitas madrasah merupakan tuntutan utama dalam sistem pendidikan nasional. Sebagai respons, Kementerian Agama mengimplementasikan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Electronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) sebagai siklus penjaminan mutu yang idealnya saling terhubung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam dinamika implementasi siklus EDM dan e-RKAM, serta bagaimana keterkaitan fungsional keduanya berdampak pada peningkatan akuntabilitas dan mutu pendidikan di MA Islamic Center Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah, tim manajemen, dan guru, serta didukung oleh observasi dan analisis dokumen-dokumen terkait. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebuah fenomena yang paradoksal. Di satu sisi, implementasi EDM telah berhasil menumbuhkan budaya evaluasi yang jujur, dan e-RKAM berhasil meningkatkan akuntabilitas prosedural (ketertiban pelaporan). Namun di sisi lain, ditemukan sebuah diskoneksi signifikan antara diagnosis EDM dengan perencanaan dalam e-RKAM. Tekanan realitas untuk menjaga keberlangsungan hidup lembaga (survival) memaksa madrasah untuk memfungsikan e-RKAM secara adaptif, di mana perencanaan formal di dalamnya tidak selalu selaras dengan alokasi anggaran riil yang diprioritaskan untuk kebutuhan operasional strategis yang paling mendesak.
Kesimpulannya, siklus EDM-eRKAM di madrasah dengan konteks sumber daya terbatas berhasil meningkatkan akuntabilitas prosedural. Namun, efektivitasnya dalam mendorong perencanaan berbasis mutu menjadi terhambat karena adanya tantangan dalam menyelaraskan regulasi yang standar dengan kebutuhan operasional lembaga yang sangat kontekstual dan dinamis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Diri Madrasah (EDM), e-RKAM, Akuntabilitas Pendidikan, Mutu Pendidikan, Manajemen Madrasah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 08 Sep 2025 08:35
Last Modified: 08 Sep 2025 08:35
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4471

Actions (login required)

View Item View Item