Gunawan, Gunawan (2021) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL BUSYRO PALANG TUBAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (607kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (573kB) |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (243kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (360kB) |
![]() |
Text (FULL TESIS)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Fokus penelitian kali ini adalah bagaimana manajemen kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Al Busyro Palang Tuban dalam membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pengembangan dan penyusunan kurikulum yang digunakan di Madrasah Ibtidaiyah Al busyro dan untuk menjelaskan bagaimana kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Al busyro membentuk karakter peserta didiknya. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan catatan observasi, catatan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati. Robert C. Bogdan dan Steven J. Taylor mengemukakan bahwa metode kualitatif adalah prosedur-prosedur riset yang menghasilkan data kualitatif yang berisi ungkapan atau catatan informan atau tingkah laku mereka yang diobservasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Kurikulum di Madrasah Al Busyro Palang Tuban yang direncanakan dengan menetapkan tujuan yang akan
dicapai; 2) Manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Busyro Palang Tuban dengan melaksankan program – progam keagamaan yang islami dan teladan yang didapat dari para dewan guru; 3) Evaluasi kurikulum dalam pembentukan karakter peserta didik di MI Al Busyro dilaksankan dua kali dalam satu tahun secara menyeluruh dan untuk pendidikan karakter sendiri yang tertuang dalam kurikulum dilaksakan evaluasi triwulan atau tiga bulan sekali. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Kurikulum yang digunakan di MI Al Busyro Palang Tuban merupakan perpaduan antara Kurikulum Kementrian Agama dengan Kurikulum Kekhasan Lembaga Al Busyro yang di dalamnya terdapat program unggulan MI Al Busyro yang Bertujuan Membentuk Karakter Peserta didik. Usaha pembentukan karakter siswa di MI Al Busyro Palang Tuban dengan proses pembiasaan, pendampingan dan keteladanan secara terus menerus dinilai telah sukses dilaksanakan dan cukup berhasil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum , Pembentukan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:53 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 08:53 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |