EFEKTIFITAS METODE PEER TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ PADA KURIKULUM MERDEKA (STUDY KASUS MAN 1 MOJOKERTO )

IKA, IRANI (2024) EFEKTIFITAS METODE PEER TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ PADA KURIKULUM MERDEKA (STUDY KASUS MAN 1 MOJOKERTO ). Diploma thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK..pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 PENUTUP & KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKIRIPSI MBK IKA PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peer Teaching adalah suatu metode pembelajaran yang dilakukan dengan teman sebaya yang lebih pandai memberikan bantuan belajar kepada teman- teman sekelasnya di sekolah. Model peer teaching ini juga diyakini membantu siswa lebih aktif untuk bertanya dan membantu sesama teman ketika berlangsungnya pelajaran, Hasil belajar merupakan contoh aktivitas, nilai, pemahaman, cara pandang, penghayatan dan kemampuan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana bagaimana efektifitas metode Peer Teaching pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MAN 1 Mojokerto. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknis purposive sampling yang terdiri dari 62 responden yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Pengambilan data dilakukan dengan Pre-Test post-Test kepada responden lalu dilakukan uji-t Dan uji N-Gain dengan bantuan SPSS25.
Berdasarkan hasil uji hipotesis pengujian dengan statistik t (paired sample t test) dan uji N-Gain pada pretest kelas eksperimen dan posttest kelas eksperimen menunjukkan hasi yang signifikan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05, sedangkan pretest kelas kontrol dan postest kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,031 < 0,05, ada perbedaan rata-rata motivasi belajar peserta didik untuk pretest eksperimen dan posttest eksperimen dan kontrol. Dan dari perhitungan N-Gain score menunjukkan baha nilai rata- rata N-Gain score untuk kelas experiment sebesar 712,50 atau 71250% termasuk dalam kategori cukup efektif dengan Sementara untuk nilai rata-rata n -gain score kelas kontrol Termasuk dalam kategori kurang efektif
Maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan metode peer teching cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran akidah akhlaq pada kelas XI bahasa di man 1 Mojokerto. Sementara penggunaan metode konvesional kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlaq di kelas XI bahasa di man 1 Mojokerto

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Peer Teaching, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 12 Dec 2025 10:49
Last Modified: 12 Dec 2025 10:49
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4443

Actions (login required)

View Item View Item