Imam, Mu'alim (2025) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MI SALAFIYAH DESA NGUJO KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Masters thesis, Universitas KH Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (405kB) |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (412kB) |
|
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (146kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
|
Text (Tesis Full)
TESIS IMAM MU'ALIM pasca ujian final.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kepala madrasah sebagai Leader bertangung jawab terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan mutu madrasah. Kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan akan berpengaruh pada tertata dan teraturnya kegiatan pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian yang ingin dicapai 1) Untuk menganalisis peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam meningkatkan disiplin tenaga pendidik dan kependidikan; 2) Untuk meneliti lebih mendalam mengenai kedisiplinan para pendidik dan tenaga kependidika; 3) Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kedisiplinana tenaga pendidik dan kependidikan.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data mealui pengumpulan data, reduksi, menyajiakan data serta verifikasi. Untuk menguji keabsahan data menggunkan trianggulasi sumber dan ketekunan peneliti dalam menjalani penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kedisiplinan telah melakukan peran serta tugasnya dengan baik. kepala madrasah mengajak, membimbing dan melakukan pengawasan serta memberikan suri tauladan yang baik dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan. Kebijakan kepala madrasah memberikan sanksi apabila tidak disiplin; 2) Kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan cukup baik, meskipun masih ada beberapa yang melanggar aturan, serta tidak displin. Perlu adanya kesadaran dan rasa tanggungjawab tenaga pendidik dan kependidikan dalam meningkatkan kedisiplinan; 3) Faktor penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan adalah faktor kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader, sanksi yang tidak diimbangi dengan adanya reward atau penghargaan bagi yang meningkatkan kedisiplinan, kesadaran masing-masing pribadi tenaga pendidik dan kependidikan yang tidak mau mentaati aturan madrasah, serta kepala madrasah yang tidak mampu memberikan pengaruh kuat kepada tenaga pendidik dan kependidikan. Faktor pendukung kepala madrasah sebagi leader telah menjalankan fungsi dan peranya, yakni membimbing, mengarahkan, mendorong, memotivasi dalam meningkatkan kedisiplinan. Adanya sanksi yang diberlakukan apabila tidak disiplin, serta kepala madrasah selalu memberikan suri tauladan yang baik
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Leader , Kedisiplinan |
| Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:35 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 06:35 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

