PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TIRAKAT (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Krenceng Kepung Pare Kediri Jawa Timur dan Pondok Pesantren Fathul Ulum Ngoro Jombang)

tri fahad, lukman hakim (2025) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TIRAKAT (Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Krenceng Kepung Pare Kediri Jawa Timur dan Pondok Pesantren Fathul Ulum Ngoro Jombang). Doctoral thesis, Universitas kh Abdul chalim Mojokerto.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (362kB)
[img] Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (bab akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka perpus.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (full disertasi)
full disertasi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

berkembang pesat. Tirakat sebagai kegiatan spiritual yang telah lama dilakukan di pesantren mempunyai potensi yang sangat besar dalam mempengaruhi karakter santri. Investigasi multisite di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kediri dan Jombang ini dapat mengungkap berbagai macam tirakat yang digunakan, serta dampaknya bagi pengembangan karakter santri.
Fokus kajian disertasi ini adalah bagaimana melaksanakan pendidikan karakter melalui tirakat dan dampaknya di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kediri dan Fathul Ulum Jombang. Penelitian ini membandingkan implementasi dan konsekuensi pendidikan karakter melalui tirakat di Pondok Pesantren Kediri dan Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metodologi studi kasus dengan desain multi-situs. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Pendekatan Robert K. Yin, yang melibatkan pencocokan pola menggunakan format tanya jawab dan kemudian membuat kesimpulan, digunakan dalam teknik analisis lintas situs.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kedua pesantren terhadap tirakat, bervariasi, dan alasan di baliknya berbeda secara signifikan. Pondok Pesantren Kediri mengambil sikap yang lebih customized dan adaptif. Santri diperbolehkan memilih jenis tirakat yang paling sesuai dengan kebutuhan spiritual dan bidang minatnya. Di Kediri, proses belajar tirakat lebih bersifat santai dan dilatarbelakangi oleh faktor internal seperti rasa ingin tahu dan keinginan untuk menjadi lebih spiritual. Di Kediri, tirakat bermacam-macam bentuknya, seperti tirakat gundul, tirakat dalail al-khayra>t, tirakat mutih, qiya>m al-layl, dan tirakat baca tulis. Di Jombang, tirakat melibatkan puasa tiga tahun dan shalat berjamaah lima waktu disertai dzikir Tanwir al-Qulu>b. Sedangkan Pondok Pesantren Jombang memiliki pendekatan yang lebih teratur dan berbasis kurikulum. Tirakat dilakukan secara lebih resmi dan merupakan komponen penting dalam kurikulum pesantren. Di Jombang, peraturan dan pengaruh luar lainnya mempunyai dampak yang lebih besar terhadap motivasi siswa. Selain itu, tirakat juga berdampak besar terhadap bagaimana santri di kedua pesantren ini berkembang sebagai individu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Karakter, tirakat, pondok pesantren.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S3 PAI UAC
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:10
Last Modified: 09 Sep 2025 08:10
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4430

Actions (login required)

View Item View Item