anis, fitriya (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN CANVA BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENDORONG INTERAKSI SISWA DI SMPN 1 PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version Download (375kB) |
![]() |
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN .pdf - Published Version Download (349kB) |
![]() |
Text (bab akhir kesimpulan)
BAB AKHIR (KESIMPULAN) .pdf - Published Version Download (199kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version Download (252kB) |
![]() |
Text (tesis tugas akhir)
TUGAS AKHIR ILMIAH .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Mendorong Interaksi siswa merupakan tantangan penting dalam dunia pendidikan, terutama di era digital saat ini. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan karena banyak berisi hafalan dan teori. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Penggunaan media digital seperti Canva dan Quizizz menjadi salah satu solusi yang efektif untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan memotivasi siswa agar lebih semangat dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis Implementasi Media Pembelajaran Canva Berbantuan Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mendorong Interaksi Siswa di SMPN 1 Pacet Mojokerto. 2) Menganalisis Implikasi Media Pembelajaran Canva Berbantuan Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mendorong Interaksi Siswa di SMPN 1 Pacet Mojokerto, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru PAI, dan siswa.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Media Pembelajaran Canva Berbantuan Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mendorong Interaksi Siswa di SMPN 1 Pacet Mojokerto yaitu terdapat tiga tahapan utama 1). Perencanaan, yaitu pemilihan materi, desain visual, dan penyesuaian dengan kebutuhan siswa; 2). Pelaksanaan, yaitu penyampaian materi menggunakan Canva dan Quizizz; 3). Evaluasi, yaitu melalui umpan balik siswa dan pengamatan guru terhadap interaksi dan minat belajar. Adapun Implikasi Media Pembelajaran Canva Berbantuan Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mendorong Interaksi Siswa di SMPN 1 Pacet Mojokerto mencakup lima hal penting: 1).meningkatkan interaktivitas, 2).memudahkan evaluasi, 3).memperkuat penguasaan materi PAI, 4).menumbuhkan minat belajar, 5). serta membangun kepercayaan diri siswa. Pendekatan ini menjadi alternatif inovatif yang mendukung tujuan pembelajaran sekaligus meningkatkan kualitas guru dan proses belajar secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Canva, Quizizz, Interaksi, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 07:31 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 07:31 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |