STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SANTRI (Studi Kasus Pesantren Teknologi Majapahit, Mojokerto)

Henny, Widya Astuti (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SANTRI (Studi Kasus Pesantren Teknologi Majapahit, Mojokerto). Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi Pengembangan kurikulum pesantren berperan penting dalam meningkatkan literasi digital santri. Namun pada praktiknya integrasi literasi digital dalam kurikulum masih menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam menyeimbangkan aspek teknologi dengan nilai-nilai keislaman. Maka dari itu perlunya memilih strategi yang tepat dalam mengembangkan kurikulum dalam meningkatkan literasi digital santri.
Adapun tujuan penelitian yaitu 1), untuk menganalisis strategi pengembangan kurikulum pesantren dalam meningkatkan literasi digital santri. 2) untuk menganalisis implikasi strategi pengembangan kurikulum pesantren dalam meningkatkan literasi digital santri. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber datanya ialah informan yang terlibat langsung dalam perumusan dan pelaksanaan strategi pengembangan kurikulum yaitu pimpinan direktur kurikulum, Penanggungjawab Kurikulum, Guru Literasi Digital, dan santri.
Hasil yang diperoleh peneliti diantaranya, 1)Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan literasi digital santri yaitu, a) Analisis kebutuhan berbasis Riset, b) Penentuan tujuan pengembangan kurikulum,c) Pengadaan Pelatihan dan Workshop kepada para pendidik, d) Pembangan mata pelajaran terkait literasi digital, e) Pengintegrasian Teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran, f) Pengadaan Kelas tambahan (Ko-Kurikuler),g) Pemantauan secara Daring dan Luring. 2) Implikasi Strategi Pengembangan Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Literasi Digital Santri Di Pesantren Teknologi Majapahit yaitu, a) Analisis kebutuhan berbasis riset berimplikasi menciptakan kurikulum yang relevan dan efektif, b) Penentuan Tujuan Pengembangan kurikulum pesantren berimplikasi meningkatkan efektivitas implementasi kurikulum. c) Pengadaan Pelatihan atau workshop terhadap pendidik berimplikasi Meningkatnya Kompetensi Pengajar. d) Pengembangan Mata Pelajaran Literasi Digital berimplikasi Meningkatnya kemampuan dan pemahaman santri dalam literasi digital,e) Pengintegrasian Teknologi dalam kegiatan pembelajaran berimplikasi Meningkatkan Efektivitas dan Aksesibilitas Pembelajaran. f)Pengadaan Ko-Kurikuler berimplikasi Pengembangan Keterampilan Santri yang Lebih Komprehensif.g) Pemantauan Secara (Daring) dan (Luring) berimplikasi pada Meningkatkan efektivitas pengawasan dalam pembentukan disiplin santri

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Kurikulum, Literasi Digital.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 04 Sep 2025 09:19
Last Modified: 04 Sep 2025 09:19
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item