Sutrisno, Sutrisno (2023) Manajemen Kurikulum Kejuruan Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus Di Smk Al Huda Kedungwungu Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu). Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (202kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (329kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN PENUTUP.pdf - Published Version Download (64kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (135kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS SUTRISNO.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berawal dari sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dimuat di jabartribunnews.com pada tahun 2021, menyampaikan tentang penyelenggaraan diklat berbasis kerjasama industri dan dunia kerja terkait diklat kejuruan dan vokasi, Ridwan Kamil berkata bahwa pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat, mendorong Industri untuk masuk perguruan tinggi dan memberikan ilmu terapan khususnya kepada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Langkah ini diambil untuk memastikan lulusan SMK siap kerja karena lulusan SMK merupakan penyebab terbesar pengangguran di Jawa Barat. Masalah tersebut muncul, salah satu penyebabnya adalah dari mutu lulusan yang kurang menguasai kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis perencanaan kurikulum kejuruan dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al Huda Kedungwungu, (2) Menganalisis pelaksanaan kurikulum kejuruan dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al Huda Kedungwungu, dan (3) Menganalisis evaluasi kurikulum kejuruan dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al Huda Kedungwungu. Jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Objek pada penelitian ini yaitu SMK Al Huda Kedungwungu Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum kejuruan yang dijalankan di SMK Al Huda Kedungwungu dalam meningkatkan mutu lulusan meliputi Identifikasi Kebutuhan dari tren industri, Penyusunan Standar Kompetensi dan Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran bersama dunia kerja, menentukan Pembelajaran Berbasis Proyek oleh guru produktif, menentukan penjadwalan dan alokasi jam pelajaran sebagai langkah manajemen dalam pengorganisasian, dan merencanakan Praktek kerja industri. (2) Pelaksanaan kurikulum kejuruan dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al Huda Kedungwungu Sesuai dengan apa yang sudah direncanakan pada perencanaan kurikulum kejuruan. (3) Evaluasi kurikulum kejuruan yang diterapkan di SMK Al Huda Kedungwungu sebagai strategi dalam meningkatkan mutu lulusannya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Kejuruan, Mutu Lulusan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 04:33 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |