Nurosid, Nurosid (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Budaya Religius Siswa Di SMP PGRI Patrol Kabupaten Indramayu. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (68kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (187kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS NUROSID.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi upaya guru pendidikan agama Islam dalam menemukan strategi yang tepat guna meningkatkan budaya religius siswa sebagai bagian dari upaya membentengi para siswa dari pengaruh negatif masuknya budaya asing sebagai akibat dari pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan, strategi yang digunakan, serta implikasi dari strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan budaya religius siswa di SMP PGRI Patrol Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui proses observasi lapangan, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yakni, reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, serta perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pelaksanaan dilakukan dengan membuat aturan dan kebijakan yang mendukung, melibatkan peran langsung para guru, keteladan, serta pembiasaan dalam melaksanakan kegiatan ibadah. 2) strategi yang digunakan memakai teori peningkatan budaya religius yakni: Power strategy, Persuasive strategy, dan Normative re-educative. Faktor penghambat yaitu motivasi dan konsistensi, serta sarana dan prasarana yang tidak memadai. 3) implikasi dari strategi guru Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan budaya religius siswa adalah menumbuhnya sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Islam, menciptakan suasana, kondisi, serta lingkungan sekolah yang nyaman dan agamis, serta meningkatkan kesadaran beragama
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 04:37 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 04:37 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |