STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL MBI AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO

Firgiansah, Tungkagi (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI MADRASAH BERTARAF INTERNASIONAL MBI AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
01 - Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB I)
02 - BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (BAB V)
03 - BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
04 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
05 - Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang memilki ragam suku, ras, budaya dan agama. Hal inlah yang membuat Indonesia disebut dengan negara Multikultural. Beragam budaya tersebut sering menimbulkan konflik dan perpecahan yang terjadi dikalangan masyararat. Pendidikan sangat berperan penting dalam hal ini terkhusus pendidikan agama yang sangat berpengaruh dalam pembentukkan karakter seseorang. Oleh sebab itu penting untuk pendidikan agama untuk berperan dalam penanaman dan pemahaman tentang Multikultutal. Pembelajaran agama yang mengandung Multikultural. Madrasah Bertaraf Internasional MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto adalah Madrasah yang didalam terdapat beragam budaya yang berasal dari para santri yang ada disana. Hal ini disebabkan karena santri yang ada disana bukan hanya dari pulau jawa saja tetapi dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Oleh karena itu untuk menyatukan ragam budaya yang ada disana, pembelajaran agama Islam berbasis Multikultural telah diterapkan dengan menggunakan strategi serta implementasi yang baik sehingga pembelajaran yang bermuatan Multikultural tersebut dapat tercapai dengan maksimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran dan implementasi dari pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Multikultural di Madrasah Bertararf Internasional MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian yaitu Koordinator Madrasah, Kurikulum, Kesiswaan, Guru Pendidikan Agama Islam dan juga Santri di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Yaitu Penelitian yang bersumber kepada prosedur penelitian dengan menggunakan kata-kata deskriftif berupa kata-kata terlulis atau lisan dari orang yang di amani. Yaitu dengan melakukan pengambilan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dan juga untuk teknik analisis data dengan menggunakan Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data serta memberikan Kesimpulan.
hasil dari penelitian yaitu penanaman jiwa nasionalisme melalui pembelajaran dengan menggunakan materi atau bahan ajar yang sesuai dan dituangkan ke dalam tata tertib Madrasah untuk dipatuhi oleh seluruh orang yang berada di lingkungan Madrasah merupakan strategi yang baik untuk memperkuat tentang pemahaman akan Multikultural kemudian nantinya strategi ini akan terimplementasi melalui kegiatan ektra kulikuler dan sistem yang ada di Madrasah sehingga pemahaman tentang Multikultural dapat terpalikasikan dengan baik. sehingga dengan demikian akan membentuk kepribadian siswa yang penuh dengan semangat nasionalisme cinta tanah air, penuh Toleransi antar sesama, saling menghargai, dan menyayangi untuk terciptanya lingkungan yang damai, adil, dan tenang. Jauh dari segala konflik dan permusuhan sesuai dengan tujuan pendidikan agama dan Multikultural.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi,Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multikultural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 05 Sep 2020 07:30
Last Modified: 05 Sep 2020 07:30
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item