Nurtaofik, Jarong (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP BERBASIS PESANTREN PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (596kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version Download (496kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (596kB) |
|
Text (Tesis Full)
5. Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas maka diperlukan manajemen dalam bidang kurikulum yang ingin diajarkan terhadap siswa baik tentang tujuan, bahan ajar, proses pelaksanaannya dan evaluasi kurikulum. Dalam pengelolaan kurikulum pada dasarnya manjemen kurikulum mengandung empat sub bidang manajemen, yaitu; (1) Manajemen sumber daya, (2) Manajemen pembelajaran, (3) Manajemen fasilitas, (4) Manajemen penilaian. Ke empat bidang manajemen tersebut bersifat integratif yaitu saling mensupport, mempengaruhi dan menentukan keberhasilan kurikulum sekolah. Manajemen kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah lembaga pendidikan dimana manajemen kurikulum sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Pendidikan dikatakan berkualitas apabila telah berhasil menciptakan output yang hasilnya sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu; (1) untuk mengungkapkan bagaimana manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP-BP Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpualan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian SMP-BP Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet ini adalah: 1) perencanaan kurikulum di sekolah dan pesantren yaitu: a) mengadakan rapat (TIM INTI) dengan kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarpras, koordinasi Cambridge dan guru serta mengadakan pengawas sekolah yang diutus langsung dari provisni untuk mengadakan sosialisasi terkait pembuatan perangkat pembelajaran 2) implementasi kurikulum di mana di dalamnya terdapat strategi implementasi yang meliputi pengecekan kesiapan guru, pemeriksaan dan hasil kinerja guru 3bulan sekali, penanaman nilai-nilai keislaman, mengadakan IHT (in house training). 3) evaluasi kurikulum yang meliputi alokasi waktu evaluasi yang dan pembahasan evaluasi kurikulum terkait perangkat pembelajaran dan penilaian kinerja guru untuk lebih baik kedepan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 05 Sep 2020 07:19 |
Last Modified: | 05 Sep 2020 07:19 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/424 |
Actions (login required)
View Item |