MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP BERBASIS PESANTREN PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO

Nurtaofik, Jarong (2020) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP BERBASIS PESANTREN PONDOK PESANTREN AMANATUL UMMAH PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (596kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (596kB)
[img] Text (Tesis Full)
5. Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas maka diperlukan manajemen dalam bidang kurikulum yang ingin diajarkan terhadap siswa baik tentang tujuan, bahan ajar, proses pelaksanaannya dan evaluasi kurikulum. Dalam pengelolaan kurikulum pada dasarnya manjemen kurikulum mengandung empat sub bidang manajemen, yaitu; (1) Manajemen sumber daya, (2) Manajemen pembelajaran, (3) Manajemen fasilitas, (4) Manajemen penilaian. Ke empat bidang manajemen tersebut bersifat integratif yaitu saling mensupport, mempengaruhi dan menentukan keberhasilan kurikulum sekolah. Manajemen kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah lembaga pendidikan dimana manajemen kurikulum sangat berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Pendidikan dikatakan berkualitas apabila telah berhasil menciptakan output yang hasilnya sesuai dengan tujuan yang telah di tetapkan.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu; (1) untuk mengungkapkan bagaimana manajemen kurikulum dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP-BP Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpualan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian SMP-BP Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet ini adalah: 1) perencanaan kurikulum di sekolah dan pesantren yaitu: a) mengadakan rapat (TIM INTI) dengan kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarpras, koordinasi Cambridge dan guru serta mengadakan pengawas sekolah yang diutus langsung dari provisni untuk mengadakan sosialisasi terkait pembuatan perangkat pembelajaran 2) implementasi kurikulum di mana di dalamnya terdapat strategi implementasi yang meliputi pengecekan kesiapan guru, pemeriksaan dan hasil kinerja guru 3bulan sekali, penanaman nilai-nilai keislaman, mengadakan IHT (in house training). 3) evaluasi kurikulum yang meliputi alokasi waktu evaluasi yang dan pembahasan evaluasi kurikulum terkait perangkat pembelajaran dan penilaian kinerja guru untuk lebih baik kedepan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 05 Sep 2020 07:19
Last Modified: 05 Sep 2020 07:19
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item