IMPLEMENTASI KO-KURIKULER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM CENDIKIA TENAJAR LOR INDRAMAYU

Misbah, Maulana (2023) IMPLEMENTASI KO-KURIKULER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM CENDIKIA TENAJAR LOR INDRAMAYU. Masters thesis, universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam mentukan nilai seseorang dan menentukan nasib suatu Negara kedepannya. Sekolah merupakan salah satu instrument yang memfasilitasi pendidikan itu sendiri. Didalamnya terdapat sumber daya yang pastinya mengelola sekolah itu sendiri, mulai dari kepada sekolah, guru sampai staff yang menjadi bagian dari sekolah. Sekolah pastinya memuat proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, mulai dari pengetahuan yang umum sampai pengetahuan agama yang tentunya harus berjalan beriringan, supaya terjadi keseimbangan dalam suatu proses belajar mengajar. Proses pembelajaran yang kita instilahkan dengan intrakulikuler adalah sesuatu yang wajib ada sebagai upaya guru untuk mentransfer ilmu pengetahuan yang para guru miliki, namun selain itu ada sesuatu hal yang mungkin belum terlalu familiar di kalangan dunia pendidikan. Yaitu kegiatan penguatan atau secara istilah kita kenal sekarang ini dengan kata Ko-Kurikuler.
Fokus dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kegiatan penguatan ( Ko-kurikuler) yang dilakukan oleh seluruh civitas akademik yang ada dilingkungan sekolah SMP Islam Cendikia Tenajar Lor Indramayu dan apa saja peran guru dalam hal pendampingan kegiatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitiaan ini menunjukan bahwa: Implementasi kegiatan Ko- kurikuler yang dilaksanakan oleh sekolah SMP Islam Cendikia Tenajar Lor Indramayu menyangkut apa saja kegiatan yang ada didalamnya. Mengingat selain penitngnya kegiatan Intrakulikuler dalam rangka memberikan pengetahuan kepada siswa, kegiatan Ko-kurikuler juga merupakan kegaiatan yang semestinya dilaksanakan oleh sekolah. Dalam rangka untuk menguatkan materi yang siswa dapatkan didalam kelas dan bisa jadi sesuatu pengetahuan yang belum pernah diajarkan didalam kelas. Dalam penelitian ini kami menghadirkan kegiatan Ko-kurikuler yang dilakukan oleh sekolah, mulai dari kegiatan harian sampai setiap satu semester, ada yang di inisiasi oleh guru sampai dengan kegiatan yang dimotori oleh yayaysan yang menaungi sekolah ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ko-Kurikuler, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI UKHAC
Date Deposited: 09 Aug 2025 08:31
Last Modified: 09 Aug 2025 08:31
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item