Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Min 1 Aceh Jaya

Supran, Supran (2023) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Min 1 Aceh Jaya. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB AKHIR PENUTUP DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS SUPRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Strategi merupakan proses merancang, merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi ketercapaian yang dilakukan oleh pimpinan suatu lembaga terhadap peningkatan kinerja bawahan dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran. Berangkat dari pengertian di atas, penulis ingin mendalami strategi yang diterapkan kepala MIN 1 Aceh Jaya dalam meningkatkan kinerja guru, serta cara mengevaluasi ketercapaiannya.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menjelaskan strategi kepala madrasah dalam meningkatakan kinerja guru di MIN 1 Aceh Jaya. 2) menguraikan proses mengevaluasi ketercapaian strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Aceh Jaya.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus, yaitu berupa peristiwa, persoalan, fenomena, proses, aktivitas, kegiatan, program, organisasi, tempat, individu maupun kelompoknya. Adapun jenisnya adalah penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan fenomena yang terjadi relevan dengan yang sesungguhnya.
Hasil dari penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Aceh Jaya adalah melakukan pembinaan secara terus-menerus, memberi motivasi, memberi penghargaan, menjaga kedisiplinan guru, melakukan evaluasi dan supervisi guru, mengadakan pelatihan, mengaktifkan KKG, dan mengirim guru ke tempat diklat. 2) dalam rangka mengevaluasi ketercapaian strateginya kepala madrasah menilai masing-masing individu guru apa saja pencapaian yang telah diraih dan aspek yang perlu diperbaiki. Kemudian juga hasil “uji kinerja guru” menjadi acuan dasar dalam mengevaluasi ketercapaian peningkatan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 09 Aug 2025 07:54
Last Modified: 09 Aug 2025 07:54
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4218

Actions (login required)

View Item View Item