Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V-A MI Nurul Falah Sawo

Dewi, Aris Ariana (2024) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V-A MI Nurul Falah Sawo. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (Bab Akhir Penutup)
3. BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (Skripsi full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan belajar adalah ketidakmampuan siswa untuk sepenuhnya memahami konsep prinsip atau algoritma penyelesaian masalah, meskipun mereka telah berusaha mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika pada materi pecahan yang dialami oleh siswa kelas V-A di MI Nurul Falah Sawo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes diagnosis, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang dipilih secara purposif berdasarkan tingkat kesulitan yang dialami siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami konsep pecahan, perhitungan pecahan, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar ini antara lain kurangnya minat siswa terhadap matematika, kurangnya pemahaman dasar, serta keterbatasan penggunaan media yang tepat. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu membimbing, mengelelompokkan siswa, dan remidial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Materi Pecahan, Faktor Kesulitan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKHAC
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:32
Last Modified: 08 Aug 2025 08:32
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4217

Actions (login required)

View Item View Item