Defi, Nurul Fajri (2024) Strategi Guru dalam Persiapan AKM Kelas V di MIN 2 Mojokerto. Diploma thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (598kB) |
![]() |
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. Bab 1.pdf - Published Version Download (533kB) |
![]() |
Text (Bab Akhir)
3. Bab Akhir.pdf - Published Version Download (236kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (455kB) |
![]() |
Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Ilmiah utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah evaluasi yang menilai kemampuan dasar siswa untuk mengembangkan potensi diri dan berkontribusi dalam masyarakat. AKM bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan agar dapat mengembangkan kemampuan penalaran sesuai standar internasional, sehingga siswa menjadi kreatif dan inovatif sesuai dengan tuntutan zaman di abad ke-XXI.
Penelitian ini menekankan pentingnya strategi guru dalam mempersiapkan siswa untuk AKM di MIN 2 Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru kelas dalam persiapan AKM, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam persiapan AKM di MIN 2 Mojokerto. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian di MIN 2 Mojokerto menunjukkan bahwa: (1) Guru menerapkan beberapa strategi dalam mempersiapkan siswa kelas V untuk AKM, termasuk penggunaan media modul AKM, program les AKM, mengaitkan materi pembelajaran tematik dengan AKM, menyediakan berbagai buku bacaan di perpustakaan dan pojok literasi, serta melaksanakan simulasi ujian AKM. (2) Faktor pendukung dalam persiapan AKM di MIN 2 Mojokerto meliputi fasilitas yang mendukung seperti buku modul AKM, komputer, jaringan internet, dan lainnya. Namun, terdapat faktor penghambat juga, seperti kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal khusus yang memerlukan bimbingan ekstra dari guru. Selain itu, beberapa siswa mungkin merasa jenuh saat mengikuti les tambahan untuk AKM pada siang hari, sehingga guru memberikan waktu istirahat sebelum les AKM. Terdapat pula kendala dalam latihan simulasi AKM terkait dengan kendala internet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, AKM, Madrasah Ibtida’iyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKHAC |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 09:13 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 09:13 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |