Strategi Pembelajaran Guru Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa Kelas XI MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto

Jakfar, Al Mansyur (2020) Strategi Pembelajaran Guru Madrasah Diniyah Dalam Peningkatan Karakter Religius Siswa Kelas XI MA Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover Abstrak)
Cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Tesis)
TESIS JAKFAR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi khususnya di Indonesia sekarang ini sangat memprihatinkan, pasalnya banyak moral anak bangsa yang menurun, sehingga tidak cukup bila hanya dengan pendidikan umum saja. Maka dari itu anak dan remaja dalam kehidupannya perlu dibimbing dan dibina akhlaknya melalui pendidikan Madrasah Diniyah di sekolah formal.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui program guru Madrasah Diniyah dalam pembentukan karakter religius siswa. (2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran guru Madrasah Diniyah terhadap peningkatan karakter religius siswa (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil pembentukan karakter religius siswa.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode triangulasi sumber.
Program-program yang ada pada Madrasah Aliyah Unggulan Hikmatul Amanah Bendunganjati Pacet Mojokerto yaitu: a) Membiasakan sholat dhuhur, jum’at dan dhuha berjamaah di madrasah, b) Mewajibkan Siswa membaca do’a Dalilun Najah.. c) Membiasakan siswa mengucapkan. d) Khotmil Qur’an. e) Kegiatan Jum’at beramal. f) Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). e) Ekstrakurikuler Islami,
Hasil penelitian 1) Siswa mempunyai karakter tanggung jawab kepada Allah SWT. 2) Siswa mempunyai tanggung jawab atas apa yang telah menjadi tugasnya di sekolah. 3) Siswa mempunyai karakter dapat dipercaya, jujur dan amanah 4) Siswa mempunyai karakter kedisiplinan dalam melaksanakan segala tugas-tugasnya. 5) Siswa mempunyai karakter mandiri dengan tidak tergantung pada orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru, Madrasah Diniyah, Peningkatan Karakter Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 04 Sep 2020 08:55
Last Modified: 04 Sep 2020 08:55
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item