STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA MAARIF RANDEGANSARI DRIYOREJO GRESIK

Bahruddin, Nurul (2020) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA MAARIF RANDEGANSARI DRIYOREJO GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS PAK NURUL REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam Mewujudkan visi MA Maariftersebut tentunya ada peran Sumber Daya Guru yang profesional, sebagai penunjang yang mampu menyelenggarakan pendidikan secara utuh dan menyeluruh yang termuat serta dapat meningkatkan mutu pendidikan di MA Maarif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam strategi pengembangan profesional guru di Ma Maarifdengan fokus pembahasan pada: 1) langkah-langkah strategi kepemimpinan Kepala Sekolah, 2) kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional, 3) model pengembangan kompetensi profesional guru yang disarankan ke depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan kebabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikut sertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan & latihan, yang kedua strategi non formal yaitu guru atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya. (2) Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional guru yaitu kurang atau keterbatasan penguasaan IT di sekolah dan keterbatasan waktu, kurang kreatifitas guru dalam proses pembelajaran di kelas dan kurang banyaknya koleksi buku atau fasilitas sekolah, serta kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru- guru. (3) model yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program in service training atau In service training

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 11 Aug 2025 08:06
Last Modified: 11 Aug 2025 08:06
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4184

Actions (login required)

View Item View Item