Lisna, Nendes Maniar (2023) Implementasi Jargon Akhlak Di Lingkungan Iduka Siswa Prakerin Smk Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Smk Insan Tazakka. Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.
![]() |
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (255kB) |
![]() |
Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (74kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (178kB) |
![]() |
Text (Tesis Full Text)
TESIS LISNA NENDES.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tesis ini membahas mengenai implementasi nilai-nilai atau core value AKHLAK yang menjadi Jargon BUMN yang tertuang di dalam Surat Edaran Menteri BUMN Erick Tohir pada tahun 2020 sebagai jargon dalam program pelaksanaan Prakerin siswa. Penelitian ini akan melihat bagaimana konsep penerapan jargon akhlak BUMN yang dijadikan Core Value di BUMN dapat dipahami oleh para guru, peserta didik dan guru pembimbing industri untuk dapat diterapkan di tempat Prakerin dan di kelas, dan hambatan atau tantangan apa yang ada dalam proses ini dengan tujuan utamanya adalah meningkatkan kedisiplinan siswa di SMK Insan Tazakka. Selain itu, penelitian ini akan mencari tahu bagaimana siswa Prakerin merespons program penerapan karakter akhlak jargon BUMN pada saat kegiatan Praktikum mereka berlangsung dan bagaimana program ini mempengaruhi perilaku dan sikap disiplin siswa Prakerin.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pihak terkait di Iduka (guru pembimbing industri) kepala sekolah, pelaksana tugas sekolah (Plt), Waka Hubinmas, serta observasi langsung terhadap siswa selama prakerin. Analisis data dilakukan dengan teknik conent analysis untuk mengidentifikasi konsep jargon akhlak BUMN yang diimplementasikan dalam kegiatan prakerin serta dampaknya terhadap kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan jargon akhlak BUMN dalam program prakerin memiliki pengaruh positif terhadap kedisiplinan siswa. Nlai-nilai seperti Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif terbukti mendukung pembentukan karakter dan perilaku disiplin siswa selama prakerin. Meskipun demikian, penelitian juga mengidentifikasi tantangan dalam mengintegrasikan jargon akhlkak BUMN secara konsisten dalam lingkungan prakerin di iduka.
Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan program prakerin dengan mempertimbangkan asepk-aspek moral dan etika yang diaplikasikan dari iduka. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan dari sekolah dan pihak iduka dalam merancang program prakerin yang tidak hanya berfokus pada aspek teknis, tetapi juga membentuk karakter dan kedisiplinan siswa yang kuat sesuai dengan core value jargon akhlak BUMN
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jargon akhlak BUMN, siswa prakerin, kedisiplinan siswa,, program prakerin |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 04:51 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 04:51 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |