Tuti, Fitria (2023) SERTIFIKASI GURU DALAM PENGUATAN PROFESIONAL GURU MIN 49 PIDIE. Masters thesis, UNIVERSITAS KH ABDUL CHALIM.
![]() |
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (354kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (492kB) |
![]() |
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version Download (256kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (322kB) |
![]() |
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS TUTI FITRIA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
pelatihan atau kredensial formal untuk mengakui guru dan fakultas sebagai profesional. Sertifikasi guru diwajibkan oleh UU 20 Tahun 2003 Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. Adanya sertifikasi berdampak positif terhadap upaya guru memenuhi kriteria guru bersertifikat. Guru bersertifikat mendorong guru yang belum bersertifikat untuk memperoleh kualifikasi tambahan untuk memenuhi syarat suatu profesi.
Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana profesionalisme guru yang bersertifikasi di MIN 49 Pidie? 2) Bagaimana supervisi dan evaluasi guru bersertifikasi di MIN 49 Pidie?. Sedangkan tujuan untuk menganalisis pelaksanaan sertifikasi guru melalui fortofolio guru MIN 49 Pidie dan untuk mendeskripsikan supervisi dan evaluasi guru bersertifikasi di MIN 49 Pidie.
Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah 1)Profesionalisme guru yang bersertifikasi di MIN
49 Pidie tampak cukup efektif, karena ada peningkatan kreatifitas guru dalam mempersiapkan media pembelajaran meskipun dalam keterbatasan sarana penunjang. Guru kini lebih variatif dalam menerapkan metode dan strategi pembelajaran, mampu membagi waktu pembelajaran secara proporsional, mahir dalam mengoperasionalkan media elektronik sebagai sarana penyampaian materi, data administrasi kinerja guru lebih lengkap dan rapi, serta guru terus berusaha mengembangkan profesionalisme kerjanya dengan ikut serta dalam pelatihan/ seminar pendidikan. 2) Supervisi dan evaluasi guru bersertifikasi di MIN 49 Pidie dilakukan dengan pelaksanaan supervisi akademik dimulai dengan memeriksa program pembelajaran yang dimiliki guru. Selanjutnya kepala madrasah memberi jadwal kapan beliau akan melaksanakan observasi atau kunjungan kelas untuk mengamati performa guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya di dalam kelas. Selanjutnya akan ada pertemuan individual antara kepala madrasah dan guru untuk mendiskusikan hasil observasi yang didapat pengawas. Hal yang dibahas meliputi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki guru, dan selanjutnya memberikan saran dan solusi terbaik untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas guru kelas yang bersangkutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sertifikasi Guru, Profesional Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:13 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:13 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |