Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Karakter Siswa (Studi Komparasi Di Sman 1 Kadupandak Dan Sma Darul Ulum Kadupandak Kabupaten Cianjur)

A Ahdani, Disaf (2023) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Karakter Siswa (Studi Komparasi Di Sman 1 Kadupandak Dan Sma Darul Ulum Kadupandak Kabupaten Cianjur). Masters thesis, Universitas Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (BAB V Akhir dan Kesimpulan)
BAB V AKHIR DAN KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS A AHDANI DISAF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu bidang studi yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menciptakan nilai rasa, moral, watak dan tingkah laku manusia etintasnya, kedepan semakin akan terasa penting sejalan dengan adanya akselerasi perkembangan peradaban manusia. Kesiapan langkah antisipatif atas kemerosotan moralitas Islami peserta didik dan problematika pendidikan agama Islam di sekolah tak ubahnya seperti hanya sekedar rutinitas dalam rangka hanya sebagai suplemen kegiatan pembelajaran yang seperti halnya tidak memiliki fungsi yang begitu penting
Pendekatan penelitian secara kualitatif adalah pendekatan yang peneliti gunakan dalam penyusunan penelitian ini. Menurut Sugiyono penelitian kualitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.
Berdasarkan hasil paparan dan pembahasan penelitian tentang “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Penanaman Karakter di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur”, didapatkan hasil sebagai berikut: 1. Strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam penanaman karakter siswa di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur, yaitu sebanyak 5 strategi yang terdiri dari strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran intercative learning, strategi pembelajaran experiental learning, dan strategi pembelajaran mandiri. 2. Proses penanaman karakter siswa yang dilakukan di SMAN 1 Kadupandak dan SMA Darul Ulum Kabupaten Cianjur terdapat 3 tahap, yaitu pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 26 Jul 2025 07:44
Last Modified: 26 Jul 2025 07:44
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item View Item