PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT 5.0

SYUKUR, LUTHFIYAH (2023) PEMIKIRAN FAZLUR RAHMAN TENTANG INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT 5.0. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover and Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB 1 (Pendhuluan).pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
5. TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fazlur Rahman adalah pemikir Islam yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Konsep Fazlur Rahman terhadap pendidikan berpijak pada konsep dan pendekatan kolaboratif antara modern dan filosofis kajian yang berlandaskan al-Qur’an dan as-Sunnah. Melalui pendekatan ini, mengarahkan terhadap visi tujuan pendidikan Islam secara ideal dan praktis.
Integrasi Pendidikan agama Islam dan Sains menurut Fazlur Rahman adalah sebuah pembaharuan terhadap pendidikan Agama Islam dan Sains, yang berorientasi pada al-Qur’an dan as-Sunnah. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pemikiran Fazlur Rahman tentang integrasi Pendidikan Agama Islam dan sains?, 2) Bagaimana relevansi pemikiran Fazlur Rahman tentang integrasi Pendidikan Agama Islam dan sains di era 5.0?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Fazlur Rahman tentang integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains, dan untuk mengetahui bagaimana Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman terhadap integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian Library Research, dengan menggunakan metode diskriptif. Sumber penelitian diambildari karya-karya Fazlur Rahman, serta didukung dengan penulis-penulis lain yang relevan. Analisis data penelitian ini, menggunakan analisis data deskirptif dan komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Menurut Fazlur Rahman, pendidikan Islam harus menggabungkan antara tradisi agama dan pemahaman kontekstual yang sesuai dengan zaman modern. 2) Menurut Fazlur Rahman, integrasi pendidikan agama Islam dan sains adalah hal yang penting dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan modern. Baginya, integrasi antara pendidikan agama Islam dan sains dapat membawa manfaat bagi kemajuan intelektual umat Muslim serta memperkuat posisi mereka dalam dunia akademik global yang tetap berkonsep pada al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Faridah Ulvi Na'imah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Fazlur Rahman, Integrasi, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:06
Last Modified: 23 Jul 2025 03:06
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/4119

Actions (login required)

View Item View Item